Cara Agar Video Shorts Youtube Trending Banyak yang Nonton

Tak hanya video pendek di Instagram atau TikTok, Youtube juga tak mau kalah dengan menghadirkan Youtube Shorts berdurasi maksimal 60 detik. Sama seperti video di Youtube, kreator rupanya dapat meraup cuan dari video pendek sehingga cara agar video Shorts Youtube trending perlu dipelajari.

Namun menciptakan tayangan pendek yang menarik audiens tentu tidak mudah, karena terdapat beberapa tips agar video tersebut menjadi trending dan banjir penonton. Apa saja tipsnya? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: Nonton Youtube Dapat Uang

Sekilas Tentang Youtube Shorts

Sekilas tentang Youtube Shorts

Merupakan video pendek yang disediakan oleh Youtube dengan durasi maksimal 60 detik atau 1 menit saja. Media ini juga dapat dijadikan cara untuk setiap orang merubah ide menjadi peluang, sehingga bisa terhubung dengan audiens baru di seluruh dunia.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Youtube Premium Gratis

Cara Membuat Youtube Shorts

Cara membuat YouTube Shorts

Berikut langkah mudah untuk membuat tayangan singkat di platform ini :

  • Pertama-tama log in ke aplikasi Youtube dengan akun masing-masing.
  • Klik pada tombol (+) lalu pilih “Buat Video Shorts”.
  • Jika konten berdurasi lebih dari 15 detik, klik “15 detik” di sisi kanan atas untuk merekam hingga durasi 60 detik.
  • Jika ingin merekam klip, tahan tombol record atau klik untuk mulai merekam.
  • Setelah selesai merekam, ketuk kembali untuk berhenti.
  • Klik simbol urungkan untuk menghapus, atau klik simbol ulangi untuk menambahkan kembali.
  • Klik simbol “x” atau tutup, pilih “mulai lagi” atau “simpan sebagai draf”.
  • Klik simbol centang untuk melihat serta mengedit klip.
  • Klik “Berikutnya” untuk menambahkan beragam detail ke klip tersebut.
  • Pilih “Penonton”, lalu pilih target audiens.
  • Klik tombol “Upload Video Shorts”.

Baca Juga: Cara Mengubah Video Youtube Menjadi MP3

Tips Video Shorts Youtube Trending

Cara agar video Shorts Youtube trending

Agar tayangan singkat ini bisa menjadi trending, Anda harus mengetahui tips dan triknya. Berikut langkah mudah membuat video pendek menjadi trending di platform berlogo merah ini.

Baca Juga:  Simak Cara Aktifkan Mode Lock Device di Mobile Legends

Riset Keyword

Tak jauh berbeda dengan Google, platform video ini juga memiliki cara kerja yang hampir sama yakni menggunakan keyword atau kata kunci. Sehingga sebelum mulai membuat konten, lakukan riset terlebih dahulu terkait kata kunci yang nantinya digunakan untuk caption.

Meskipun sangat jarang pengguna melakukan pencarian untuk Shorts, namun jika diperhatikan video yang muncul di beranda Anda umumnya relevan dengan yang dicari pada Youtube biasa.

Anda bisa memanfaatkan tools riset keyword contohnya Semrush, Ahref, Tubebuddy, hingga Vidiq. Jika ingin tidak berbayar atau gratis, Anda bisa menggunakan Google Trends.

Manfaatkan Hashtag

Tak jauh berbeda dengan platform media sosial lain, Shorts juga memiliki hashtag atau tagar untuk mempermudah penonton. Sehingga sama seperti penulisan caption, pembuatan hashtag juga perlu diperhatikan dengan cara melakukan riset terlebih dahulu lalu buat tagar yang relevan dengan video tersebut.

Gunakan Musik Trending

Video pendek ini juga mendukung musik untuk mempercantik tayangan. Namun selain itu musik rupanya memiliki manfaat lain, yakni agar dapat mempertemukan konten Anda dengan audiens lebih cepat terlebih ketika musik yang digunakan adalah musik trending atau sedang viral.

Pilih musik yang sedang trending dan banyak digunakan saat ini, karena umumnya audiens akan lebih tertarik dengan tontonan yang berkaitan dengan musik tersebut. Hal tersebut akan berpengaruh dalam memberikan nilai lebih untuk channel Anda.

Sajikan Video Berkualitas

Video berkualitas tidak melulu tentang peralatan produksi canggih, namun lebih mengarah pada kualitas dari konten tayangan tersebut. Contohnya jika Anda ingin membuat Shorts menghibur, buat video dengan ide original dan belum pernah dibuat oleh kreator lain.

Jika Anda ingin membuat konten edukatif, lakukan riset terlebih dahulu sehingga materi dapat tersaji dengan baik dan memiliki dasar. Sehingga hindari mengecewakan penonton hanya karena Anda melakukan plagiasi atau menyebarkan informasi salah.

Baca Juga:  7 Cara Top Up Diamond ML (Mobile Legends) via Dana

Sesuaikan dengan Kebutuhan Target Audiens

Agar dapat meningkatkan jumlah subscribers dan viewers, Anda sebagai kreator perlu mengetahui dengan baik siapa target audiens serta apa yang paling mereka butuhkan.

Sehingga untuk tayangan selanjutnya dapat dibuat dengan lebih tepat sasaran serta disukai oleh mereka. Contohnya sasaran audiens adalah orang yang senang memasak, Anda bisa membuat konten tayangan pendek tentang hacks memasak, resep-resep sederhana, dan lain-lain.

Baca Juga: Aplikasi Youtube Tanpa Iklan

Syarat Monetisasi Youtube Shorts

Syarat monetisasi Youtube Shorts

Para kreator Shorts juga bisa meraup cuan dari konten singkat ini namun dengan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Syaratnya adalah kreator wajib memiliki jumlah subscribers sebanyak 1000 serta memiliki viewers sebanyak 10 juta untuk 90 hari terakhir.

Selain itu terdapat ketentuan lain agar kreator bisa mendaftar YPP atau Youtube Partner Program, diantaranya :

  • Berusia 13 tahun ke atas.
  • Berlokasi di negara yang termasuk ke dalam program YPP.
  • Aktif mengunggah konten original dalam kurun waktu 6 bulan terakhir.
  • Mematuhi comunity guidelines.
  • Kreator wajib menautkan akun AdSense karena bonus akan dikirim langsung ke akun tersebut.

Cara agar video Shorts Youtube trending mulai dari riset keyword, memanfaatkan hashtag, menggunakan musik trending, menyajikan video berkualitas, hingga menyesuaikan dengan kebutuhan target audiens di atas dapat Anda coba lakukan untuk menarik banyak penonton.