3 Cara Settlement EDC BRI Verifone, Android, QRIS

Mesin EDC BRI merupakan salah satu alat transaksi yang mempunyai pengoperasian mudah dan praktis. Umumnya, alat tersebut digunakan para agen BRILink untuk settlement EDC BRI supaya bisa menyelesaikan transaksi pembayaran.

Alat EDC tersebut bisa melakukan jenis transaksi dengan kartu BRIZZI, kredit, ataupun debit. Soal keamanan dari transaksinya Anda tidak perlu khawatir karena alat tersebut telah didukung tingkat keamanan tinggi.

Selain itu, EDC dari BRI tersebut juga sudah support pembayaran melalui QRIS. Hal tersebut tentu akan membuat proses transaksi bisa dilakukan dengan lebih efisien baik bagi penjual ataupun pembeli.

Baca Juga: Cara Restart Mesin EDC BRI

Tentang Mesin EDC BRI

Seperti dijelaskan di awal, mesin EDC ini merupakan alat yang bisa dipakai untuk mempercepat proses transaksi pembayaran. Di dalam alat tersebut terdapat pula berbagai macam fitur yang bisa dimanfaatkan.

Selain itu, pengoperasiannya juga bisa dilakukan dengan mudah karena ada kode function. Dengan kode tersebut, pengguna bisa memakai fitur di dalam mesin tersebut tanpa harus membuka menunya.

Salah satu fitur penting di dalam alat ini adalah fitur penyelesaian pembayaran transaksi atau settlement. Untuk melakukan settlement EDC BRI ini hanya bisa dilakukan sebanyak satu kali dalam sehari.

Dalam pemakaiannya alat EDC, disarankan pengguna harus mengetahui kode function supaya pelayanan bisa jadi lebih cepat. Dengan memberikan pelayanan secara lebih cepat, tentu para konsumen dapat merasa nyaman saat transaksi.

Selanjutnya, kelebihan lain dari EDC BRI adalah dapat melakukan pelayanan terhadap berbagai jenis transaksi pelanggan. Selain itu, mesin tersebut juga dapat mengurangi pengeluaran karena admin secara otomatis tersimpan ke rekening merchant atau BRI Link.

Baca Juga:  5 Cara Aktifkan BRI Poin di BRImo Terbaru 2024

Komponen Alat EDC BRI

Sebelum membahas tentang cara settlement EDC BRI, tentu akan lebih baik jika Anda mengenal komponen dari mesin tersebut. Secara umum, EDC mempunyai beberapa komponen seperti keypad, alat gesek kartu, serta layar.

Semua tombol di dalam EDC mempunyai fungsi tertentu sehingga pengguna harus lebih memahaminya. Sementara soal susunan dari tombolnya, hampir di semua jenis mesin tidak memiliki banyak perbedaan.

Nah, bagi Anda agen BRILink atau Merchant yang menggunakan alat ini, wajib paham tentang fungsi tombol tersebut. Berikut ini adalah penjelasan tentang berbagai komponen dari alat EDC BRI ini.

  • F1 : berfungsi mengakses menu BRIZZI dan juga perintah “NO” atau “tidak”
  • F2 : berfungsi untuk membuka menu BRI APPL
  • F3 : Untuk masuk ke Void atau fitur pembatalan transaksi
  • F4 : Fungsinya masuk ke menu utama dan juga perintah “Yes” atau “ya”
  • 1 : Tombol navigasi arah atas
  • 2 : Tombol navigasi arah bawah
  • 3 : bagian untuk menggesek kartu kredit atau debit
  • 4 : Disebut Function Button, fungsinya untuk akses fungsi fitur dengan cepat
  • 5 : Disebut CANCEL Button, Fungsinya untuk keluar ataupun membatalkan
  • 6 : Disebut ENTER Button, untuk mengonfirmasi transaksi
  • 7 : sebagai Correction button jika ada kesalahan

Kemudian, di bagian kanan merupakan gambar layar dari EDC. Di bagian tersebut dapat terlihat informasi waktu, power, provider, sinyal, dan juga ruang untuk tampilan berbagai transaksi yang telah dilakukan.

Cara Settlement EDC BRI

Penyelesaian transaksi atau settlement biasanya wajib dilakukan satu kali dalam sehari. Waktu untuk melakukan hal tersebut dapat dilakukan sebelum menginjak jam 23.59.

Proses settlement ini dilakukan supaya dari pihak Bank BRI mengirimkan berbagai hasil transaksi yang terjadi dalam sehari ke rekening milik agen atau merchant. Proses penyelesaian transaksi ini juga dapat merangkum serta mencetak transaksinya dalam bentuk struck.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp (Verified Badge)

Untuk memulai proses ini, diperlukan password settlement yang mana itu berbeda-beda tergantung produsen mesinnya. Lalu, untuk cara melakukan proses penyelesaian transaksi tersebut, Anda bisa melihat langkah-langkahnya berikut ini.

1. Masuk Menu Utama EDC

Langkah pertama, Anda dapat menghidupkan mesin EDC. Setelah itu, langsung saja masuk ke bagian menu utama pada mesin tersebut.

2. Pilih “Purchase”

Berikutnya, pada menu utama tersebut Anda dapat cari bagian “Purchase”. Lanjut tekan “enter” untuk masuk ke dalam menu tersebut.

3. Pilih “Settlement”

Jika sudah masuk ke purchase, maka cari dan pilihlah menu “Settlement”. Kemudian, masukkan password-nya.

4. Konfirmasi dan Print Struck

Selanjutnya akan muncul tampilan perihal penjualan secara keseluruhan yang terjadi pada hari itu. Anda kemudian tinggal tekan enter untuk melanjutkan proses.

Lalu, tekanlah enter lagi untuk melakukan konfirmasi sampai muncul tulisan “Printing” di bagian layar. Setelah proses tersebut selesai, akan muncul struck transaksi sebagai bukti settlement telah berhasil dilakukan.

Pada saat hendak melakukan penyelesaian transaksi harian ini, pastikan semua hal seperti koneksi, jaringan, serta printer dari EDC masih berfungsi normal. Hal tersebut dilakukan sebagai langkah pengecekan kondisi mesin untuk digunakan pada hari berikutnya.

Proses untuk settlement EDC BRI ini memang tidaklah begitu rumit. Meskipun begitu, Anda tetap harus memahami secara detail fungsi dari setiap tombol dan fitur di dalam mesinnya.

Selain itu, settlement ini hukumnya wajib dilakukan satu kali sehari agar transaksi bisa masuk rekening merchant. Nah, supaya tidak lupa untuk melaksanakannya, Anda bisa dilakukan secara rutin setelah toko merchant akan tutup.