3 Cara Restart Mesin EDC BRI Link Verifone 2024

Pastinya semua agen BRI Link sudah terdaftar bahkan memiliki mesin EDC sendiri. Mesin tersebut memiliki manfaat agar memberikan kemudahan bagi masyarakat, dalam menggunakan berbagai layanan transaksi menggunakan kartu ATM. Semua bank dapat menggunakan mesin Ini salah satunya BRI.

Namun tidak jarang mesin mengalami gangguan, salah satunya koneksi jaringan terputus sehingga banyak orang mencari tahu bagaimana restart mesin EDC BRI Link Verifone. Dengan errornya mesin EDC, akan membuat transaksi gagal dilakukan.

Salah satu cara ampuh dalam mengatasi hal tersebut adalah melakukan restart mesin EDC BRI Link Verifone. Cara ini dilakukan untuk menormal kan kembali mesin. Ketahuilah juga apa saja yang menyebabkan mesin menjadi rusak atau perlu dilakukan refresh.

Baca Juga: Cara Settlement EDC BRI

2 Penyebab Utama Mesin EDC Harus di Restart

Tidak perlu panik saat EDC tidak dapat digunakan, ketahuilah apa saja penyebab dari mesin EDC butuh dilakukan resfresh beberapa saat. Hal ini sangat penting, guna menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

1. Salah PIN

Salah satu alasan utama penyebab EDC butuh dilakukan restart mesin EDC BRI Link Verifone adalah kesalahan dalam memasukkan PIN. Tidak sedikit konsumen salah dalam memasukkan PIN dan membuat kartu bahkan terkunci.

Cobalah agar tidak selalu mencoba PIN saat kesalahan terjadi berulang kali. Anda dapat meminta pelanggan untuk menunjukkan nama pada KTP dan tanda tangan pada kertas print out yang keluar di mesin EDC.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Layar HP Bergaris Hitam Warna-Warni

2. Magnetic Stripe Kartu Mengalami Masalah

Hal kedua yang cukup umum terjadi dan membuat mesin EDC mengalami gangguan dan butuh dilakukan resfresh adalah kartu rusak. Selain itu juga menggunakan kartu kredit lain, dengan mesin EDC bank lain. Pastikan bahwa anda menggunakan mesin EDC BRI untuk kartu BRI anda.

Cara Restart Mesin EDC BRI Link

Mesin EDC yang digunakan oleh para penjual atau agen memiliki beberapa macam salah satunya yaitu Verifone PAX S900. Cara untuk melakukan restart sangatlah mudah, sehingga para agen dapat melakukannya dengan mudah tanpa harus meminta bantuan profesional.

1. Tekan Tombol Function

Langkah pertama guna melakukan restart mesin EDC BRI Link Verifone adalah menggunakan salah satu fitur dari EDC yaitu Func. Fitur tersebut mengharuskan anda memasukkan kode agar system dapat membaca pengaturan yang anda inginkan. Namun khusus mesin Verifone PAX S900, tombol Func sendiri dapat ditemukan di bagian atas tombol power.

Nantinya tombol tersebut akan memiliki tanda dengan warna biru. Gunakan fitur ini sebagai langkah awal melakukan restart mesin EDC. Fitur atau tombol tersebut menjadi langkah awal melakukan restart atau resfresh mesin EDC.

2. Memasukkan Angka 9

Langkah selanjutnya jika sudah menemukan fitur func, masukan kode khusus dari mesin. Untuk angka 9 sendiri, menjadi salah satu diantara banyaknya kode khusus pada menu function.

Angka ini memiliki kegunaan agar dapat mematikan dan juga mengulang kembali secara otomatis mesin Verfone EDC PAX S900. Cara ini juga sangat mudah untuk dilakukan.

3. Tekan Enter

Jika sudah memasukkan angka 9, setelah itu bisa dilanjutkan dengan menekan tombol enter guna melakukan refresh atau restart mesin EDC BRI Link Verifone. Namun jangan teeburu-buru dan tunggulah beberapa saat. Hal ini dilakukan agar dapat melihat kembali system secara otomatis dalam mematikan hingga memulai kembali mesin EDC yang anda miliki.

Baca Juga:  Cara Mengganti Nama Channel Youtube di Laptop

Dalam penggunaan mesin EDC sendiri, nantinya akan melakukan pencarian sinyal secara ulang kembali. Hal ini yang mengharuskan anda menunggu beberapa saat, hingga sinyal dapat ditemukan kembali dan menampilkan menu Log On. Jika sudah selesai, maka cara ini sudah berhasil dan sukses.

Cara Restart Mesin EDC BRI Link Verifone Secara Manual

Bukan hanya melalui system saja, namun anda juga dapat melakukannya secara manual. Cara ini juga bisa menjadi pilihan lain, jika nantinya mesin EDC ditemukan error atau tidak bisa digunakan.

  • Langkah pertama adalah dengan mencari tombol power, lalu tekan tombol tersebut selama beberapa detik. Perlu anda ketahui bahwa tombol power tersebut berwarna merah dan mudah ditemukan di mesin EDC.
  • Selanjutnya tunggulah hingga beberapa detik, hingga nantinya mesin akan berubah menjadi Off. Lalu nyalakan mesin kembali, dan siap untuk digunakan seperti sedia kala.

Refresh sendiri tidak hanya dilakukan saat mesin tidak dapat digunakan, namun restart mesin EDC BRI Link Verifone sangat disarankan untuk dilakukan. Jika nantinya mesin mengalami gangguan seperti salah satunya time out. Namun cara manual tidak disarankan dilakukan refresh jika transaksi sedang dilakukan, karena bisa mengakibatkan transaksi sukses dilakukan namun struk bahkan resi tidak keluar dan muncul.

Bahkan jika dipaksakan melakukan cara manual, akan memakan waktu sangat lama untuk 1 transaksi saja. Selalu pastikan dan ketahui cara resfresh yang aman dan benar. Dalam hal ini akan memakan waktu lama, namun sangat ampuh dalam menangani mesin EDC error atau mengalami gangguan.