Ramalan Nasib Berdasarkan Weton (7-18) Menurut Primbon Jawa

Dalam tradisi Jawa, terdapat suatu ilmu tentang membaca nasib seseorang atau biasa dikenal dengan ramalan nasib berdasarkan weton. Meskipun sudah cukup kuno, sampai saat ini cara tersebut masih banyak dilestarikan.

Tentunya, hasil dari ramalan tersebut boleh dipercaya boleh tidak. Hal itu karena pada akhirnya, nasib buruk ataupun baik seseorang akan ditentukan dengan usaha serta izin dari Tuhan yang Maha Kuasa.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk mencari tahu tentang ramalan hidup berdasarkan perhitungan primbon jawa tersebut. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang perhitungan nasib seseorang berdasar kalender Jawa.

Baca Juga: Ramalan Jodoh Berdasarkan Zodiak, Nama, dan Tanggal Lahir

Penjelasan Tentang Weton

Ramalan Nasib Berdasarkan Weton (7-18) Menurut Primbon Jawa

Bagi masyarakat keturunan Jawa, pasti sudah sering mendengar kakek atau orang tua membicarakan tentang weton. Terlebih lagi pada saat akan ada suatu acara besar seperti hajatan dan juga pernikahan.

Meskipun sering mendengarnya, namun tidak semua orang tahu apa sebenarnya weton itu. Weton kelahiran merupakan neptu hari dan pasaran saat seseorang lahir ke dunia.

Nantinya, dari hasil perhitungan weton tersebut dapat diketahui tentang berbagai macam hal seperti nasib rezeki, percintaan, watak, dan lain sebagainya. Perhitungan weton juga dapat digunakan sebagai acuan menentukan jodoh bagi masyarakat Jawa.

Baca Juga: Cara Melihat Masa Depan dari Garis Tangan

Mencari Tahu Neptu Kelahiran Hari Dan Pasaran

Sebelum mengetahui cara menghitungnya, akan dijelaskan dulu tentang nilai neptu pasaran hari kelahiran. Neptu tersebut dipakai sebagai dasar untuk mencari berapa besar nilai dari weton seseorang.

Baca Juga:  Build Terizla Tersakit 2024 Demage Sakit + Emblem Kuat

Jadi, weton dapat dicari dengan menjumlahkan dari nilai neptu hari kelahiran dan pasarannya. Untuk hari kelahiran adalah hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Sementara untuk pasaran jawa ada Pon, Pahing, Wage, Kliwon, Dan Legi. Nantinya, setiap dari hari dan juga pasaran tersebut mempunyai nilainya masing-masing yang dapat digunakan untuk menentukan hasil ramalan nasibnya.

Jumlah dari nilai weton ini paling kecil 7 dan paling banyak adalah 18. Untuk memudahkan dalam mencari tahu berapa nilai neptu, akan lebih mudah jika melihat tabel nilainya di bawah ini.

gambar tabel neptu

Berdasarkan tabel tersebut bisa dilihat seberapa besar keberuntungan rezeki hidup seseorang. Anda hanya perlu melakukan penjumlahan dari nilai neptu hari dan pasaran saat kelahiran saja untuk kemudian jumlahnya dibagi 5.

Cara melihat nasib seperti itu biasa dikenal dengan nama Pancasuda. Di dalam perhitungannya, Pancasuda mempunyai beberapa golongan keberuntungan nasib orang, yaitu Sri, Lungguh, Gedhong, Lara, dan juga Pati.

Baca Juga: Ramalan Nasib Berdasarkan Nama Dan Tanggal Lahir

Perhitungan Ramalan Nasib Berdasarkan Weton Berdasarkan Primbon Jawa

Terdapat beberapa metode ramalan yang bisa dilakukan untuk mengetahui nasib seseorang. Berikut adalah penjelasan dua cara mengetahui nasib rezeki di masa depan yang dapat dicoba.

1. Menghitung Dengan Pancasuda

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk ramalan bisa dicari dengan menggunakan hitungan Pancasuda. Nantinya, jumlah dari neptu hari kelahiran dan juga pasarannya akan dibagi dengan angka 5 (panca).

Setelah itu, Anda dapat melihat berapakah sisa dari angka tersebut setelah dibagi 5. Dari sisa angka tersebut nasib seseorang dapat digolongkan menjadi 5 kategori seperti di bawah ini.

  • Sisa 1, Sri / Sandang = Rezeki Melimpah
  • Sisa 2, Lungguh / Pangan = Disegani, Dihormati, Mendapat Derajat
  • Sisa 3, Gedhong / Bejo = Harga benda melimpah atau kaya
  • Sisa 4, Lara/loro = Kesialan, Cobaan, sakit atau penyakit
  • Sisa 5, Pati = Kematian atau mati
Baca Juga:  Cek Kelebihan Dan Kekurangan Susu Vidoran Xmart 1

Dari semua hasil perhitungan di atas, tentu hasil sisa 5 adalah yang paling dihindari. Pasalnya, jika angka tersebut muncul itu artinya hidup seseorang akan sering terkena musibah, hal buruk, dan juga perpisahan.

Berdasarkan dari rumus Pancasuda, Anda bisa dengan mudah untuk mencari tahu ramalan nasib berdasarkan weton. Tinggal cek saja berapa nilai neptu hari dan pasaran, selanjutnya bagi 5 untuk mencari tahu sisanya.

2. Perhitungan Kitab Primbon Pal Srigati Yang

Selain Pancasuda, bisa juga dilihat bagaimana nasib seseorang dengan perhitungan menurut kitab primbon Pal Srigati Yang. Cara melakukannya juga tidak kalah mudah yakni dengan menghitung neptu hari kelahiran dan mencocokkannya di tabel primbon berikut ini.

Tabel Nasib Primbon Jawa

Dilihat dari tabel, perubahan siklus umur terjadi setiap 6 tahun dalam kehidupan. Untuk skala besaran rezeki dituliskan menggunakan skala 1 sampai 9 yang berarti semakin besar angkanya semakin besar juga rezekinya.

Bagaimana? Tidak terlalu sulit bukan mengetahui ramalan nasib berdasarkan weton? Untuk berikutnya, Anda bisa mempraktekkan cara meramal berdasarkan primbon jawa tersebut pada tanggal kelahiran orang lain.

Mengikuti berbagai penjelasan dan panduan di atas bisa dikatakan bahwa mengetahui ramalan nasib berdasarkan weton bukanlah hal yang sulit. Cukup bermodalkan hari pasaran kelahiran, Anda bisa melihat seperti apa ramalan nasibnya.

Namun, perlu ditekankan lagi bahwa ramalan hanyalah sekadar ramalan. Artinya, hasil ramalan tersebut bukanlah hal pasti terjadi sehingga Anda tetap harus terus berusaha dan bekerja keras supaya bisa sukses dalam kehidupan ini.