Perbedaan Counterpain Biru dan Merah? Kegunaan, Dosis, Efek Samping

Saat ini tidak sedikit obat dengan kegunaan menghilangkan nyeri, salah satunya adalah Counterpain dimana sudah sangat terkenal di Indonesia. Bukan hanya satu, namun obat ini memiliki dua varian dengan khasiat berbeda yaitu merah juga biru. Walaupun keduanya memiliki kegunaan dalam meredakan nyeri, namun ada perbedaan Counterpain biru dan merah.

Keduanya memiliki perbedaan, dimana penggunaannya pun harus di sesuaikan dengan kebutuhan. Dalam hal ini bukan hanya perbedaan Counterpain biru dan merah saja, anda juga harus mengetahui apa saja kegunaan, dosis hingga efek samping yang dimiliki oleh obat tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diketahui mengenai Counterpain berikut ini.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Susu Enfagrow

Mengenal Detail Counterpain

Obat Counterpain sendiri merupakan analgesic topical, dimana memiliki kandungan methyl salicylate dan mentol. Tentunya memiliki kegunaan dalam mengurangi peradangan muncul dan juga meredakan rasa sakit hingga kaku yang dimiliki pada otot.

Perbedaan Counterpain Biru dan Merah yang Wajib Diketahui

Perbedaan Counterpain Merah dan Biru

Obat Counterpain juga memiliki perbedaan baik dari kadar, komposisi dan hal lainnya yang wajib diketahui sebelum mengkonsumsinya. Berikut ini adalah perbedaan Counterpain biru dan merah tersebut.

Komposisi

Komposisi pada Counterpain varian biru dan merah memang sama, yaitu methyl salicylate dan mentol. Namun pembedanya adalah kadar masing-masing yaitu 10,2% mentol juga 15% methyl salicylate pada biru dan juga ,4% mentol dan 15% methyl salicylate pada merah. Hal ini bisa diartikan bahwa kandungan mentol pada Counterpain merah memang cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan biru.

Baca Juga:  Cara Membuat SKCK 2024: Syarat & Biaya Perpanjang SKCK Online

Kegunaan

Memang keduanya memiliki tujuan sama, yaitu meringankan atau meredakan nyeri dimana dirasakan pada otot. Namun untuk penggunaan lebih efektif dengan kondisi berbeda tentunya ada varian tersendiri. Untuk Counterpain biru sendiri digunakan agar rasa sakit berkurang dan mengurangi kaku pada otot setelah digunakan beraktifitas fisik salah satunya olahraga.

Untuk Counterpain merah, bagi anda yang merasakan nyeri kronik, nyeri pada sendi, sakit kepala, sakit pada pinggang, gejala artritis. Dengan menggunakan varian ini akan membuat penyakit yang dirasakan semakin reda sehingga membuat anda semakin nyaman.

Aroma

Pembeda lainnya antara merah dan biru yaitu aroma keduanya. Bagi Counterpain biru, untuk aromanya memiliki aroma mint dan sedikit lebih khas jika dibandingkan dengan merah. Untuk Counterpain merah, aroma yang dimiliki lebih kuat dan seperti balsam.

Dosis Obat Counterpain

Setelah melihat perbedaan yang dimiliki antara biru juga merah, tentunya dalam hal ini tetap harus mengutamakan dosis tepat dalam penggunaannya. Untuk penggunaan obat salep ini pastikan anda hanya mengoleskan 4 kali dalam sehari pada bagian nyeri saja. Pastikan juga memperhatikan area diolesi dan nantinya anda akan merasakan panas, sehingga gunakan cukup dan jangan berlebihan.

Terkait dosis perlu diperhatikan adalah selalu bersihkan bagian nyeri juga tangan yang akan diolesi oleh salep ini dengan bersih. Jika sudah bersih, jangan lupa untuk mengoleskan secara rata serta hindari pada beberapa bagian sensitif seperti mata, mulut hingga hidung. Hal ini untuk mengurangi risiko terjadi iritasi pada bagian sensitive.

Baca Juga: Kelebihan Dan Kekurangan Susu Vidoran Xmart 1

Efek Samping Obat Counterpain

Efek Samping Obat Counterpain

Walaupun memiliki varian berbeda dengan warna juga kegunaannya masing-masing, namun anda tetap harus mengetahui apa saja efek samping yang kemungkinan akan terjadi. Salep ini benar-benar dapat dikatakan aman untuk tubuh dan dapat diterima dengan baik tanpa meninggalkan gejala apapun, namun memang ada beberapa efek samping yang muncul setelah digunakan. Berikut adalah efek samping dari Counterpain.

  • Membuat kulit menjadi merah
  • Kulit menjadi gatal
  • Munculnya ruam
  • Memiliki sensasi hangat juga dingin dimana terkadang menyengat pada kulit
  • Membuat kulit menjadi terkelupas
  • Membuat kulit iritasi
  • Membuat warna kulit berubah
Baca Juga:  10 No Customer Service (CS) Traveloka 24 Jam Terbaru

Tentunya efek samping yang dimiliki pada salep ini hanya terjadi pada beberapa orang saja, namun memang sangat jarang terjadi karena kandungan atau komposisi pada obat ini dapat dikatakan aman. Efek tersebut tentunya hanya akan muncul, jika seseorang memiliki reaksi pada sebuah obat. Jika nantinya efek semakin bertambah buruk, segeralah periksakan kepada dokter.

Lalu Apakah Counterpain Merah atau Biru Lebih Baik?

Dengan melihat perbedaan Counterpain biru dan merah, dosis hingga efek samping yang dimiliki memang untuk merah serta biru cukup memiliki banyak kesamaan untuk membuat nyeri semakin mereda. Namun jika anda merasakan sebuah kondisi tertentu atau khusus, mungkin penggunaan salah satunya akan lebih baik bahkan efektif dibandingkan varian lainnya. Dalam hal ini cobalah untuk konsultasikan dengan dokter atau apoteker sebelum anda menggunakan salep ini.

Walaupun memiliki kadar dengan bahan aktif sama, baik Counterpain merah atau biru tentunya memiliki kegunaan untuk meredakan nyeri yang dialami. Hal ini dikarenakan merah memiliki kandungan mentol lebih tinggi jika dibandingkan dengan biru. Selain itu juga aroma yang dimiliki oleh keduanya berbeda. Cobalah untuk selalu konsultasikan kepada apoteker atau dokter, sebelum anda menggunakan dan memilih Counterpain.