Contoh Penutup Laporan Prakerin PKL SMK Terbaru 2024

Praktik Kerja Industri atau kerap disebut Prakerin merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan di dunia industri sesuai kompetensi siswa khususnya SMK. Setelah melakukan Prakerin, maka peserta diminta untuk membuat laporan. Sayangnya tidak sedikit yang masih kesulitan dalam membuat penutup laporan Prakerin.

Penutup ini biasanya berisi kesimpulan dan saran untuk peserta kegiatan selanjutnya. Akan tetapi, tentu saja pembuatan kesimpulan tidak boleh dilakukan sembarangan. Pasalnya, setidaknya kesimpulan harus mencakup keseluruhan aspek dengan lengkap seperti yang akan dijelaskan pada kali ini.

Baca Juga: Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Pengertian Kesimpulan dalam Laporan Prakerin

Seperti telah disebutkan di bagian sebelumnya, penutup yang berupa kesimpulan menjadi bagian yang wajib dibuat. Secara garis besar, kesimpulan adalah susunan terakhir di dalam sebuah karya tulis ilmiah atau laporan dan dituliskan dengan singkat.

Isi dari bagian ini harus merupakan ringkasan ide yang terdapat di seluruh laporan. Terkait penyusunannya, Anda bisa menggunakan metode deduktif maupun induktif. Selain merangkum isi laporan, bagian kesimpulan juga dapat digunakan untuk mendapatkan kesan positif bagi pembaca.

Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui beberapa dasar pembuatan dan mempelajari contohnya agar penulisannya menjadi lebih baik. Dengan begitu, ketika hendak membuat laporan, Anda tidak akan bingung ketika menghadapi bagian tersebut.

Baca Juga: Contoh Undangan Tahlilan Word

Contoh Penutup Laporan Prakerin Jurusan Pemasaran

Sebenarnya Anda bisa melihat berbagai contoh dari laporan yang telah dibuat oleh peserta sebelumnya. Akan tetapi, untuk menambah referensi, silakan perhatikan beberapa contoh berikut ini.

Baca Juga:  Build Martis Tersakit 2024 Jungler / Hyper Mobile Legends

1. Kesimpulan

Dari pembahasan yang sudah dijelaskan di bagian sebelumnya, dapat diambil kesimpulan bahwa kegiatan ini dapat melatih peserta terutama tentang kesabaran dalam mengetahui karakter konsumen. Pramuniaga harus berusaha menyuguhkan layanan terbaik kepada konsumen sehingga meninggalkan kesan positif.

2. Saran

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari Prakerin yang telah dilakukan, kegiatan perlu dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab. Selain itu, kegiatan juga harus dilaksanakan secara teliti supaya tidak terdapat kesalahpahaman dari beberapa pihak yang terlibat.

Contoh Penutup Laporan Jurusan Mesin

Untuk jurusan mesin, tentu praktik yang dilakukan akan sedikit berbeda dibandingkan contoh sebelumnya. Untuk lebih jelas, anda bisa menyimak contoh berikut ini.

1. Kesimpulan

Dari hasil kegiatan yang telah dilaksanakan selama 2 bulan, terhitung dari Februari 2020 hingga April 2020, dapat disimpulkan beberapa hal. Pertama, peserta mendapatkan pengalaman bagaimana masuk ke dunia kerja dan mengetahui tahap-tahap produksi.

Kemudian, peserta juga dapat mengoperasikan beberapa mesin manual, menggunakan alat ukur dengan baik, serta mengenali berbagai komponen. Dengan kata lain, Prakerin selama 2 bulan berjalan dengan baik dan peserta mendapatkan berbagai dampak positif.

2. Saran

Laporan ini tentu terdapat kesalahan baik dalam penulisan maupun penyebutan istilah tertentu. Oleh karena itu, demi kemajuan bersama, kami terbuka atas kritik dan saran yang diberikan. Kemudian, untuk praktik berikutnya akan lebih baik untuk memberikan pembekalan terhadap siswa terlebih dahulu sebelum keberangkatan.

Contoh Penutup Laporan Jurusan Otomotif

Selain mesin, jurusan otomotif juga kerap melakukan praktik kerja dan diharuskan membuat laporan. Berikut ini adalah contoh kesimpulan dan saran untuk jurusan tersebut.

1. Kesimpulan

Setelah berakhirnya kegiatan praktik kerja industri selama 3 bulan, dapat ditarik kesimpulan bahwa cara kerja di bengkel jauh berbeda dengan apa yang dipelajari di sekolah. Oleh karena itu, mempraktikkan secara langsung sangatlah penting untuk dilakukan demi persiapan terjun ke dunia kerja nyata.

Baca Juga:  3 Tabel Subnet Mask Untuk Kelas A, B, dan C 2024

Selanjutnya, setiap pekerja di bengkel harus teliti dan berhati-hati mengingat alat keselamatan kerja yang relatif minim. Apabila terdapat kecerobohan, hal tersebut bisa menimbulkan dampak negatif seperti kerusakan komponen atau berkaitan keselamatan pekerja.

2. Saran

Untuk pihak sekolah, akan lebih baik untuk memberikan penjelasan dan gambaran terlebih dahulu sebelum peserta benar-benar berangkat. Hal tersebut dikarenakan masih banyak siswa merasa kaget dengan kondisi di lapangan secara langsung.

Kemudian, untuk adik kelas, sebelum Prakerin dilaksanakan, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu terkait tata letak alat dan tata kerja kepada pembimbing secara detail. Selain itu, harap berhati-hati dan serius ketika bekerja karena beberapa peralatan cukup tajam dan berbahaya.

Baca Juga: Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 SD

Ciri-Ciri Penutup yang Baik

Setelah melihat beberapa contoh di atas, mungkin Anda akan mendapatkan inspirasi dan tidak macet dalam menulis. Namun, di sisi lain perlu diketahui juga bagaimana ciri-ciri penutup atau kesimpulan yang baik guna meningkatkan nilai.

Pertama, kesimpulan yang baik adalah berupa penyampaian kembali secara jelas terkait pemaparan tanpa menggunakan kalimat sama persis. Kemudian, Anda juga harus menulis dengan bahasa yang ringkas, padat, namun tetap berisi dan mencakup keseluruhan.

Pembuatan kesimpulan bisa dimulai dari hal khusus ke hal umum atau sebaliknya, tergantung dari kondisinya. Bahkan, Anda juga dapat memakai hubungan sebab akibat untuk mendapatkan penilaian yang lebih baik.

Jadi, dari penjelasan di atas bisa dikatakan bahwa penutup laporan Prakerin memiliki peran yang penting, terutama untuk mendapatkan garis besar terkait seluruh isinya. Oleh karena itu, cara penulisannya harus benar-benar diperhatikan.

Dengan melihat contoh di atas, setidaknya Anda tidak akan terlalu kebingungan ketika harus membuatnya. Walaupun contoh terdapat perbedaan jurusan, namun secara garis besar isi dari bagian penutup masih tetap sama.