Cara Menghitung 1000 Hari Orang Meninggal Online

Dalam tradisi Jawa, menghitung 1000 hari orang meninggal harus dilakukan secara tepat. Pasalnya, di waktu tersebut masyarakat akan mengirimkan doa bagi arwah dan juga saudara yang telah meninggal atau kerap disebut dengan istilah tahlilan.

Selain peringatan tersebut, sebenarnya ada peringatan jumlah lainnya seperti 3, 7, 40, dan 100 hari setelah kematian. Berikut ini adalah bagaimana cara melakukan perhitungan baik secara tradisional maupun online.

Baca Juga: Kalkulator Menghitung Selamatan Orang Meninggal

Bagaimana Hukum Melakukan Selamatan dalam Islam?

Hukum melakukan selamatan dalam Islam

Seperti kita ketahui, tradisi ini mayoritas hanya dilakukan di adat Jawa saja. Lalu, apakah hal tersebut diperbolehkan dalam agama Islam? Pasalnya, di acara tahlilan tamu akan membacakan doa dan juga ayat suci Al-Quran sebagai doa untuk arwah.

Beberapa pihak memang memiliki pendapat berbeda-beda. Bahkan, ada yang berpendapat bahwa tahlilan atau selamatan untuk orang meninggal termasuk bidah atau aktivitas ibadah tanpa memiliki dasar hukum Islam yang jelas.

Di sisi lain, ada juga yang mengatakan bahwa tahlilan bukan termasuk bidah. Hal tersebut dikarenakan kegiatan ini merupakan sedekah kepada orang sekitar atas nama orang yang telah meninggal dan mendoakan yang terbaik di akhirat.

Terlepas dari perbedaan pendapat tersebut, pada kenyataannya sampai saat ini tahlilan atau selamatan masih kerap dilakukan di masyarakat Jawa. Mengenai benar atau tidaknya, semua pasti memiliki kepercayaan masing-masing.

Cara Menghitung 1000 Hari Orang Meninggal Sesuai Hari Pasaran

Cara menghitung 1000 hari orang meninggal

Perhitungan ini biasanya dilakukan orang dahulu, yakni dengan cara tradisional atau manual. Masyarakat akan menghitung berdasarkan hari serta pasarannya. Untuk lebih jelas, Anda bisa melihat daftar berikut ini terlebih dahulu.

  • Jika meninggal pada Minggu, maka 1000 hari adalah Jumat
  • Jika meninggal pada Senin, maka 1000 hari adalah Sabtu
  • Jika meninggal pada Selasa, maka 1000 hari adalah Minggu
  • Jika meninggal pada Rabu, maka 1000 hari adalah Senin
  • Jika meninggal pada Kamis, maka diperingati pada Selasa
  • Jika meninggal pada Jumat, maka diperingati pada Rabu
  • Jika meninggal pada Sabtu, maka diperingati pada Kamis
Baca Juga:  9 Ketentuan Potongan Refund Tiket Pesawat Traveloka

Kemudian, pada tradisi Jawa terdapat istilah pasaran, yakni Wage, Kliwon, Legi, Pahing, dan Pon. Berikut adalah perhitungannya.

  • Wage akan jatuh di pasaran Pon
  • Kliwon akan jatuh di pasaran Wage
  • Legi akan jatuh di pasaran Kliwon
  • Pahing akan jatuh di pasaran Legi
  • Pon akan jatuh di pasaran Pahing

Rumus Perhitungan 1000 Hari Orang Meninggal

Rumus perhitungan 1000 hari orang meninggal

Setelah mengetahui dasar perhitungan di bagian sebelumnya, kini Anda akan mempelajari bagaimana rumus perhitungannya. Perlu diketahui bahwa dalam satu tahun terdiri dari 365 hari, sementara di kalender Jawa adalah 354 atau 355.

Dari hal tersebut, perhitungan yang dilakukan adalah menghitung 2 tahun setelah meninggal dan kemudian menambah 10 bulan sesuai hari dan pasarannya. Untuk lebih jelas, berikut adalah sedikit gambaran tersebut.

  • Dua tahun setelah kematian = 708 hari
  • Sepuluh bulan = 10 x 29/30 = 290 hari

Sebagai contoh, apabila seseorang meninggal pada Rabu Kliwon, 20 Juli 2010, Anda perlu menambahkan dua tahun sehingga didapatkan 708 hari. Setelah itu, maka akan didapatkan bulan Juni 2012. Selanjutnya, tambahkan 10 bulan dan akan didapatkan April 2013.

Setelah perhitungan tadi, silakan perhatikan kembali bagian sebelumnya terkait waktu dan pasarannya. Karena orang tersebut meninggal pada Rabu, maka 1000 hari akan jatuh pada Senin. Kemudian, karena meninggal pada pasaran kliwon, maka peringatan akan jatuh pada pasaran Wage sehingga didapatkan 15 April 2013.

Cara Menghitung 1000 Hari Secara Online

Aplikasi menghitung 1000 hari orang meninggal secara online

Bagi sebagian orang, perhitungan di atas mungkin terlalu rumit dan membutuhkan ketelitian. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di era kemajuan teknologi seperti saat ini, perhitungan tersebut dapat dilakukan secara online. Berikut adalah beberapa website yang dapat digunakan.

1. Menggunakan website Nizamkomputer

Pertama, Anda bisa menghitung 1000 hari orang meninggal dengan website dari Nizamkomputer. Dengan aplikasi ini, Anda cukup memasukkan nama dan tanggal meninggal di kolom yang telah disediakan. Untuk lebih lengkap, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Buka browser di PC atau ponsel
  • Buka alamat https://pendak.nizamkomputer.com/
  • Masukkan nama (opsional)
  • Masukkan tanggal meninggal
  • Klik tombol Hitung
Baca Juga:  8 Cara Refund Tiket Garuda di Traveloka Terbaru 2024

Setelah melakukan cara di atas, Anda akan mendapatkan beberapa daftar waktu selamatan, mulai dari 3, 7, 40, 100 hingga 1000. Silakan catat hasil tersebut agar tidak perlu menghitung lagi.

2. Menggunakan aplikasi

Jika Anda ingin lebih praktis, aplikasi Hitungan Hari Kematian bisa digunakan. Aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store. Seperti halnya sebelumnya, aplikasi ini akan memberikan daftar selamatan setelah memasukkan tanggal kematian.

Penutup

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa menghitung 1000 hari orang meninggal dapat dilakukan secara manual maupun online. Bagi orang-orang terdahulu, menghitung menggunakan cara manual biasanya masih dilakukan untuk mendapatkan hasil akurat.

Akan tetapi, apabila ingin mendapatkan hasil dengan cepat, maka Anda bisa menggunakan kalkulator perhitungan online, baik itu website maupun aplikasi. Hal tersebut cukup membantu terutama bagi yang kesulitan untuk melakukan perhitungan secara mandiri.