Simak 4+ Cara Memperbaiki Headset Bluetooth Mati Sebelah

Untuk memperbaiki headset Bluetooth mati sebelah, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu apa penyebabnya. Pasalnya, setiap penyebab memiliki solusi yang berbeda-beda, apakah itu rusak bagian konektor atau komponen lainnya.

Headset Bluetooth memang lebih populer dibandingkan jenis kabel karena penggunaannya lebih praktis. Anda tidak perlu mengalami masalah seperti kabel headset berantakan atau menghalangi ruang gerak saat beraktivitas. Oleh sebab itu, silakan simak seluruh penjelasan pada kali ini.

Baca Juga: HP Xiaomi Berkedip Saat Dicas

Penyebab Headset Bluetooth Mati Sebelah

Penyebab headset Bluetooth mati sebelah

Ada beberapa faktor yang mungkin menyebabkan kerusakan pada headset Bluetooth mati sebelah. Dari pengalaman pengguna, berikut adalah beberapa penyebabnya.

1. Perangkat rusak

Perlu diketahui bahwa tidak semua headset memiliki kualitas yang baik. Perangkat dengan harga murah tentu saja tidak menjamin kualitasnya. Oleh karena itu, penyebab kerusakan paling banyak adalah adanya masalah pada perangkat.

Biasanya head set yang kurang berkualitas hanya akan berfungsi baik selama beberapa kali pemakaian saja. Setelah itu, akan muncul berbagai kerusakan seperti susah tersambung, tidak bunyi, dan sebagainya.

Selain masalah kualitas, rusaknya komponen juga bisa terjadi. Ingat-ingat kembali apakah Anda pernah menyimpan perangkat tersebut di tempat yang rawan tertekan seperti di dalam tas atau kantong celana. Kerusakan juga dapat terjadi ketika kerap jatuh dan terbentur lantai berkali-kali.

2. Salah koneksi

Apabila Anda yakin tidak ada masalah pada fisik, maka kemungkinan lain headset mati satu sisi adalah terjadi kesalahan pada koneksi. Beberapa head set memang memiliki pengaturan yang berbeda-beda agar sisi kanan dan kiri bisa tersambung dengan ponsel.

Baca Juga:  5 Cara Daftar Google Adsense Youtube Terbaru 2024

Masalah pada sinyal juga kerap menyebabkan salah satu bagian menjadi tidak berbunyi karena jarak terlalu jauh. Biasanya permasalahan ini sering ditemui pada produk yang kurang berkualitas atau tiruan brand terkenal.

Baca Juga: Cara Mengatasi Lupa Password BIOS Laptop Acer

3. Perangkat kotor

Jika perangkat sering ditaruh sembarangan terutama di tempat kotor, hal tersebut bisa menyebabkan salah satu sisi tidak menyala. Kotoran yang menumpuk akan membuat produksi suara tidak maksimal sehingga terdengar lirih atau seperti tidak berbunyi.

4. Pemutaran audio

Ada banyak aplikasi pemutar musik di ponsel yang bisa digunakan secara gratis. Hanya saja, setiap aplikasi memiliki pengaturan yang berbeda-beda. Ada kemungkinan head set mati satu sisi karena aplikasi tersebut sedang dalam mode satu sisi yang merupakan pengaturan bawaan awal.

5. Baterai habis

Meskipun cenderung lebih praktis tanpa menggunakan kabel, head set Bluetooth memiliki kekurangan di masa pemakaiannya. Untuk produk berkualitas saja perangkat mungkin hanya dapat digunakan sekitar 5 jam hingga akhirnya harus dicas kembali.

Ketika daya baterai ini sudah menipis atau habis, maka perangkat tidak akan berfungsi optimal. Biasanya Anda akan mendapatkan alat charger yang memiliki fitur tampilan persentase baterai. Jadi, pastikan untuk melihat indikator tersebut saat digunakan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Layar HP Bergaris

Cara Memperbaiki Headset Bluetooth Mati Sebelah

Cara mengatasi headset bluetooth yang mati sebelah

Setelah mengetahui penyebab di atas, kini Anda sudah memiliki gambaran seputar solusi yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa solusi atas masalah tersebut.

1. Mengatur pemutar musik

Apabila mati sebelah diakibatkan aplikasi pemutar musik, maka silakan lakukan pengaturan kembali. Cari menu untuk mengatur output audio keluar di kiri atau kanan. Setelah itu, atur indikator ke arah tengah guna memunculkan suara di kedua perangkat.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Lupa Password BIOS Laptop Acer

2. Isi ulang daya

Sementara itu, jika permasalahan yang terjadi dikarenakan baterai head set yang menipis atau habis, isi daya perangkat tersebut menggunakan alat bawaannya. Setiap unit biasanya dilengkapi alat untuk menyimpan sekaligus mengisi daya.

3. Pastikan tersambung sempurna

Beberapa kasus yang kerap terjadi adalah kedua unit kanan dan kiri tidak tersambung dengan baik karena faktor jarak atau sebagainya. Pada kondisi ini, pastikan dua unit tersebut tersambung yang biasanya ditandai dengan lampu indikator menyala.

Jika lampu menyala namun salah satu sisi masih mati, silakan putuskan sambungan dengan ponsel dan matikan head set. Setelah itu, hidupkan perangkat dan sambungkan kembali. Ketika tidak ada masalah berarti, cara ini biasanya akan berhasil dan kedua sisi akan berbunyi normal.

4. Bersihkan dengan tisu basah

Head set kotor biasanya disebabkan penyimpanan yang kurang baik. Alhasil, debu dan kotoran akan menumpuk di sisi luar dan dalam sehingga menyebabkan suara terpendam. Solusi atas masalah tersebut adalah dengan membersihkan menggunakan tisu basah dan pastikan perangkat dalam keadaan mati.

Dari penjelasan di atas, sekali lagi bisa dikatakan bahwa Anda perlu mengetahui terlebih dahulu penyebabnya sebelum memperbaiki headset Bluetooth mati sebelah. Ketika penyebab sudah diketahui, Anda akan lebih mudah memperbaikinya karena lebih tepat sasaran.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan juga penyebabnya bisa lebih dari satu. Apabila tidak bisa memperbaiki secara mandiri, silakan bawa ke tempat servis elektronik atau solusi terakhirnya adalah membeli unit baru.