Kalkulator Menghitung Selamatan Orang Meninggal Online

Apakah kamu sedang membutuhkan tools atau aplikasi kalkulator menghitung selamatan orang meninggal online gratis? Maka informasi kalkulator ini bisa kamu ketahui setelah kamu selesai membaca informasi yang kami bagikan di bawah ini!

Ketika berbicara tentang kehidupan, setelah kehidupan pasti akan ada kematian. Dan dalam agama dan adat budaya ketika ada keluarga yang meninggal dunia terdapat tradisi mendoakan orang yang sudah meninggal dengan mengadakan cara selamatan.

Dalam budaya Jawa, selamatan dilakukan setelah kematian seseorang dengan beberapa tahapan yang terdiri dari geblag, nelung dina, mitung dina, matang puluh dina, nyatus dina, pendhak 1, pendhak 2 dan  terakhir nyewu dina.

Untuk melestarikan budaya jawa ketika ada keluarga meninggal, mungkin orang jaman sekarang sudah banyak yang tidak tahu cara menghitung selamatan orang meninggal dengan tepat. Oleh karena itu, adanya kalkulator menghitung selamatan orang meninggal akan sangat membantu banyak orang.

Terutama untuk keluarga yang telah ditinggalkan dan ingin mengadakan acara selamatan orang meninggal tetapi tidak tahu cara menghitungnya.

Tentang Kalkulator Menghitung Selamatan Orang Meninggal

Aplikasi kalkulator menghitung selamatan orang meninggal dunia biasanya akan memiliki fitur seperti tanggal masehi, tanggal hijriah, termasuk ada tanggal jawa serta neptu.

Untuk menggunakan aplikasi kalkulator menghitung selamatan orang meninggal sangat mudah. Cukup memasukan tanggal wafatnya dan aplikasi akan secara otomatis menghitungkan tanggal selamatan secara lengkap dan akurat.

Baca Juga:  Cek Kelebihan Dan Kekurangan Susu Vidoran Xmart 1

Jadi akan ada banyak orang yang terbantu adanya kalkulator ini untuk menentukan tanggal hari selamatan untuk keluarga yang telah meninggal dunia.

Tahapan Hari Selamatan Orang Meninggal dalam Tradisi Jawa

Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa selamatan orang meninggal dunia dalam tradisi jawa terdiri dari beberapa tahapan, yaitu  geblag, nelung dina, mitung dina, matangpuluh dina, nyatus dina, pendhak 1, pendhak 2 dan  terakhir nyewu dina.

Tradisi selamatan dalam beberapa tahapan ini sampai sekarang masih banyak dilestarikan di beberapa daerah yang ada di Jawa. Ini merupakan sebuah tradisi hasil perpaduan antara tradisi jawa dan agama Islam.

Tradisi selamatan orang meninggal ini umumnya dilakukan di rumah orang yang meninggal dengan mengadakan acara tahlilan. Saat mengadakan acara tahlilan ini biasanya akan mengundang tetangga. 

Sebelum kamu menghitung tanggal dengan menggunakan kalkulator menghitung selamatan orang meninggal. Kamu harus mengetahui tahapan hari selamatan orang meninggal berdasarkan tradisi jawa berikut :

1. Geblag

Gablag merupakan sebuah acara selamatan yang dilaksanakan sesudah prosesi pemakaman jenazah. Istilah lain yang digunakan untuk menyebut geblag adalah Naur/Ngesur Tanah. Cara menentukan waktu pelaksanaannya yaitu menggunakan rumus jisarji dan harus dikerjakan saat itu juga.

2. Nelung Dina

Nelung dina merupakan acara selamatan yang diadakan di hari ketiga setelah hari kematian.Cara menghitung hari dan pasarannya adalah dengan menggunakan rumus lusarlu. Yaitu dihitung dari hari ketiga dan pasar ketiga setelah pemakaman. Tujuan dari nelung dina ini yaitu untuk menyempurnakan nafsu dalam jasad manusia yang berasal dari elemen bumi, air,api dan angin.

3. Mitung Dina

Mitung dina merupakan acara selamatan orang meninggal di hari ketujuh setelah hari kematian. Cara menghitung hari dan pasaran mitung dina berdasarkan rumus tusaro. Artinya adalah hari ketujuh dan pasaran kedua. Tujuan dari mitung dina adalah untuk menyempurnakan rambut dan kulit.

Baca Juga:  9 Situs Nonton Drakor Gratis Tanpa Aplikasi Terbaru 2024

4. Matangpuluh Dina

Matangpulih dina merupakan acara selamatan orang meninggal setelah 40 hari kematian. Cara menghitung hari dan pasaran matangpuluh dina yaitu dengan menggunakan rumus masarma. Artinya dihitung dari hari kelima dan pasaran kelima. Tujuan dari matangpuluh dina ini yaitu untuk menyempurnakan anggota tubuh.

5. Nyatus Dina

Natus dina merupakan acara selamatan yang dihitung setelah 100 hari kematian. Perhitungan nyatus dina ini akan dihitung dari mulai bulan kematian ditambahkan dengan 10 hari sehingga nantinya akan tepat menjadi 4 bulan. Perhitungan nyatus dina ini dilakukan dengan mencocokan hari dan pasaran pada tanggal kematian.

6. Pendak Pisan

Pendak pisan adalah acara selamatan yang dihitung setelah 1 tahun kematian. Cara perhitungan pendak sepisan dihitung berdasarkan bulan kematian dengan hari kematian. Contoh kematian pada bulan Sura, maka perhitungan acara selamatan ini juga akan dilaksanakan di bulan sura 1 tahun setelah kematian.

7. Pendak Pindo

Pendak pindo adalah acara selamatan setelah 1000 hari setelah kematian yang memiliki tujuan menunjukan rasa hormat dan memperingati seseorang yang telah meninggal dunia.

Untuk perhitungan pendak pindo ini dilakukan berdasarkan bulan kematian dan ditambahkan dengan 35 bulan, serta hari kematian akan dicocokan juga dengan hari pasarannya.

Cara Menggunakan Kalkulator Menghitung Selamatan Orang Meninggal Online

Setelah kamu mengetahui tahapan hari selamatan orang meninggal berdasarkan tradisi jawa di atas. Kamu bisa lebih mudah melakukan perhitungan dengan menggunakan kalkulator menghitung selamatan orang meninggal online berikut!

Cara menggunakan kalkulator menghitung selamatan orang meninggal online kamu bisa menggunakan beberapa metode berikut :

·         Menggunakan Aplikasi Hitungan Hari Kematian : https://play.google.com/store/apps/details?id=hitung.hari.kematian.kalenderwafat&hl=id&gl=US

·         Melaliu website : https://www.walisongo.co.id/menghitung-hari-selametan-orang-meninggal/

Baca Juga:  Inilah 12+ Ramalan Nasib Berdasarkan Nama Dan Tanggal Lahir

·         Melalui website : https://pendak.nizamkomputer.com/

Kesimpulan

Jadi untuk mempermudah kamu dalam menghitung acara selamatan orang meninggal, kamu bisa memanfaatkan beberapa platform atau aplikasi kalkulator menghitung selamatan orang meninggal di atas. Karena dengan tools tersebut nantinya cara perhitungan kamu lakukan jadi lebih mudah dan praktis.