Curug Tujuh Cibolang: Review Harga Tiket, Fasilitas, Rute

Melihat sebuah pemandangan air terjun sudah biasa. Bagaimana kalau melihat tujuh air terjun sekaligus di lokasi yang berdekatan? Pasti jauh lebih menarik dan tak terlupakan. Seperti saat melihat pemandangan apik yang disajikan oleh Curug Tujuh Cibolang di Ciamis, Jawa Barat.

Sesuai namanya, wisata alam ini terdiri dari 7 air terjun berbeda yang memiliki pesona tersendiri. Penasaran bagaimana pesona masing-masing air terjun tersebut? Langsung saja baca review selengkapnya di bawah ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Air terjun Tujuh Cibolang terletak di Desa Sandingtaman, yaitu sebuah desa yang masuk kawasan Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis. Karena lokasinya berada di daerah Panjalu, banyak orang yang kemudian menyebut Curug Tujuh Cibolang dengan sebutan Curug 7 Panjalu.

Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Ciamis, yaitu sekitar 35 km atau butuh waktu tempuh 60 menit menggunakan kendaraan bermotor. Ada dua rute perjalanan yang bisa dipilih dari pusat kota Ciamis, yaitu:

  • Lewat Jalan Raya Kawali: Ambil arah barat di Jalan Nagrog menuju Jalan Nyalindung. Lalu belok kanan ke Jalan Pawindan 1, Jalan Raya Cipaku, dan Jalan Raya Buniseuri. Belok ke Jalan Siliwangi sampai masuk Desa Sandingtaman. Ikuti jalan menuju lokasi curug.
  • Lewat Jalan Nasional III: Belok kanan ke Jalan Raya Pamokolan menuju Jalan Raya Panumbangan, lalu ke arah Jalan Raya Panjalu dan masuk kawasan Desa Sandingtaman. Ikuti petunjuk jalan hingga sampai di lokasi wisata Curug 7 Cibolang.

Daya Tarik Curug Tujuh Cibolang

Lokasi Curug Tujuh Cibolang

Curug 7 Cibolang ini menjadi salah satu primadona wisata Panjalu, karena menawarkan pesona air terjun alami yang memukau. Namun, tidak berhenti disitu saja. Masih banyak daya tarik istimewa yang ditawarkan oleh destinasi wisata ini, antara lain:

Baca Juga:  Curug Ciputri Tenjolaya: Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi

1. Pesona Tujuh Air Terjun Alami

Sesuai namanya, wisata Curug 7 Cibolang terdiri dari 7 air terjun alami yang berdekatan satu sama lain. Bentuknya berupa tujuh buah aliran air terjun yang lokasinya terpisah. Jadi, bukan air terjun berundak yang menyatu dalam satu penampakan alam.

Masing-masing air terjun tersebut memiliki bentuk, tinggi, dan lebar yang berbeda-beda. Air terjun yang pertama berukuran paling besar, yaitu memiliki tinggi 120 meter dan lebar 20 meter. Selain itu, warga setempat juga memberikan nama tersendiri untuk masing-masing air terjun, yaitu:

  • Curug Satu (air terjun ke-1).
  • Curug Dua (air terjun ke-2).
  • Curug Tiga (air terjun ke-3).
  • Curug Cibolang (air terjun ke-4).
  • Curug Cimantaja (air terjun ke-5).
  • Curug Cileutik (air terjun ke-6).
  • Curug Cibuluh (air terjun ke-7).

2. Legenda Seorang Raja yang Bersedih

Bukan Indonesia jika tidak ada legenda yang melekat pada suatu tempat, apalagi tempat wisata. Menurut masyarakat setempat, asal mula 7 air terjun Cibolang ini berkaitan dengan legenda seorang raja pada zaman dahulu kala. Konon, raja tersebut sedang bersedih, karena wilayahnya ditimpa musim kemarau berkepanjangan dan masyarakatnya hidup dalam kondisi memprihatinkan.

Akibat musibah itu, sang raja pergi bertapa dan berdoa dari pagi hingga malam. Ia juga menangis tiada henti, karena doanya tak kunjung dikabulkan. Ajaibnya, air mata raja itu kemudian berubah menjadi sumber mata air alami. Mata air itulah yang sekarang mengaliri Air Terjun 7 Cibolang.

3. Nuansa Alam yang Asri dan Lestari

Suasana alam yang lestari terasa begitu kuat saat berkunjung ke objek wisata air terjun 7 Panjalu ini. Hampir semua sudut area wisatanya bersih, rapi, dan terawat dengan baik. Udaranya juga terasa sejuk, karena banyak pepohonan hijau yang melingkupi area tersebut.

Begitu pula kondisi ketujuh air terjun yang menjadi suguhan utama. Lokasinya berada di kaki Gunung Sawal Ciamis dan sumber mata airnya berasal dari mata air alami yang bernama Cimantaja. Tak heran, kondisi airnya begitu bersih, jernih, dan segar.

Baca Juga:  Perbedaan Hotel Seruni 1 2 3 Puncak Berdasarkan Pengalaman

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan

Tak perlu takut bosan atau bingung mau melakukan aktivitas apa saat berkunjung ke Curug Tujuh Cibolang. Karena ada banyak alternatif kegiatan seru yang bisa Anda lakukan di sana. Baik saat berkunjung sendirian atau bersama teman dan keluarga. Berikut beberapa di antaranya:

1. Trekking di Jalur yang Menantang

Tujuh air terjun yang berlokasi terpisah mengharuskan wisatawan melewati jalur trekking yang lumayan panjang. Dari tempat parkir menuju lokasi Curug Satu sekitar 50 meter. Lalu jarak menuju Curug Dua sekitar 1 km. Lanjut ke Curug 3, 4, 5, 6, dan 7 dengan jarak yang tidak terlalu jauh.

Total perjalanan biasanya membutuhkan waktu 2-3 jam. Bukan hanya jaraknya yang lumayan jauh, jalur trekking antar-curug tersebut juga cukup menantang. Ada yang landai, tapi ada juga yang terjal dan melelahkan. Selain itu, terdapat beberapa rintangan menyerupai perjalanan mendaki gunung.

2. Camping di Tengah Hutan

Setelah lelah trekking dari curug 1-7, pengunjung juga bisa berkemah di camping ground yang telah tersedia. Ini bisa menjadi petualangan yang sangat berkesan, karena lokasinya terletak di tengah-tengah hutan dan berdekatan dengan 7 situs air terjun.

3. Berfoto Ria di Spot-Spot Instagenic

Momen liburan tentu belum lengkap jika tidak berfoto ria bersama teman seperjalanan. Menariknya, wisata hits di Panjalu ini menawarkan banyak spot foto unik sebagai latar belakang foto. Anda bisa mengeksplorasi satu per satu untuk menghasilkan foto atau video yang estetik.

Fasilitas

Pengelola Curug 7 Panjalu telah menyediakan berbagai fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Mulai dari fasilitas dasar, seperti toilet. Hingga beberapa fasilitas tambahan, seperti spot foto. Berikut daftar fasilitas yang bisa Anda temukan saat berkunjung ke Curug Tujuh Cibolang.

  • Toilet pria dan wanita untuk pengunjung yang ingin buang air kecil atau besar.
  • Tempat parkir yang cukup luas dan aman untuk menampung kendaraan bermotor milik pengunjung, seperti motor dan mobil.
  • Deretan warung dan tempat makan yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman dengan harga terjangkau.
  • Mushola sebagai tempat beribadah pengunjung muslim, lengkap dengan tempat wudhu.
  • Spot foto yang bisa digunakan pengunjung untuk merekam foto atau video.
  • Gazebo sebagai tempat berteduh, beristirahat, atau sekadar duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan.
  • Bumi perkemahan yang luas untuk pengunjung yang ingin menginap di tengah hutan. Dilengkapi juga dengan penyewaan tenda bagi pengunjung yang tidak membawa tenda sendiri.
Baca Juga:  Curug Walet Pamijahan: Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi 2024

Harga Tiket Masuk

Wisata air terjun Tujuh Cibolang ini buka setiap hari Senin-Minggu, mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Jangan lupa siapkan uang untuk membayar tiket masuk dan parkir (jika membawa kendaraan bermotor). Biayanya sangatlah terjangkau dan berlaku tanpa ada batasan waktu, yaitu:

  • Harga tiket masuk: Rp7.500 per orang.
  • Biaya parkir motor: Rp3.000 per motor
  • Biaya parkir mobil: Rp5.000 per mobil.

Bagi Anda yang ingin menikmati udara sejuk pegunungan sambil melihat keindahan air terjun alami, langsung saja kunjungi Curug Tujuh Cibolang. Nuansa alamnya menenangkan, cocok untuk melepas penat dari ingar-bingar perkotaan. Segera kunjungi bersama teman atau orang tersayang. Selamat berwisata, ya!

Baca Juga: