Curug Leuwi Bumi: Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi 2024

Terletak di perbatasan Kabupaten Pandeglang dan Serang, terdapat sebuah destinasi wisata bernama Curug Leuwi Bumi. Saat ini sedang sangat populer dan dikunjungi oleh banyak wisatawan. Tempat ini baru dibuka pada Januari 2018, sehingga baru beroperasi selama sekitar 2 tahun.

Namun, sejak pertengahan Maret 2020, tempat wisata ini harus ditutup sementara akibat pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia. Dahulu, area ini adalah hutan yang lebat dengan pohon-pohon raksasa yang menutupi aliran sungai.

Melalui upaya swadaya masyarakat, tempat ini berhasil bertransformasi menjadi lokasi wisata dengan berbagai kegiatan menarik. Tempat wisata ini dikenal sebagai Turalak Leuwi Bumi. Berikut ini adalah ulasan lebih rinci mengenai destinasi wisata tersebut.

Daya Tarik Curug Leuwi Bumi

Curug Leuwi Bumi

Pada air terjun Leuwi Bumi terdapat banyak daya tarik yang bisa membuat Anda ingin berkunjung ke sini. Mulai dari panoramanya yang ciamik, hingga trek yang menguji adrenalin semua bisa Anda peroleh di sini. Simak utas lengkapnya berikut:

1. Menjelajahi Trek Menuju Leuwi Bumi

Agar Anda bisa merasakan pesona Leuwi Bumi, perjalanan yang diperlukan memang cukup menantang dan tidak mudah. Perjalanan dimulai dari jalur kendaraan yang cukup tidak terawat, terutama menuju Curug Leuwi Hejo.

Jalan ini masih berbatu dan berlumpur, yang membuatnya sangat licin saat musim hujan. Selain itu, Anda akan menghadapi tanjakan yang curam dan medan yang terjal, sehingga kondisi kendaraan Anda perlu dalam keadaan baik.

Banyak pengunjung yang memilih untuk memarkirkan kendaraan mereka di rumah warga sebelum mencapai lokasi, karena medan yang menantang membuat banyak orang ragu. Jika Anda tetap ingin melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor, Anda akan melewati jalan setapak yang melintasi sawah.

Baca Juga:  Curug Putri Palutungan: Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi 2024

Meskipun jalan ini kecil, licin, dan berkelok-kelok, pemandangan alam yang disuguhkan benar-benar mempesona. Kepenatan dalam perjalanan akan terbayar dengan keindahan alam yang terbuka di depan mata.

2. Keindahan Suasana Air Terjun Leuwi Bumi

Curug Leuwi Bumi mengadopsi konsep Agro Ekowisata, yang memperlihatkan keindahan air terjun serta perkebunan swadaya masyarakat. Meskipun tingginya hanya sekitar 2-3 meter, air terjun Leuwi Bumi memiliki pesona yang tak terhingga.

Aliran air yang jernih dan bersih mengalir melalui beberapa kolam dan sungai, menciptakan pemandangan yang cantik dan menenangkan. Pemandangan ini semakin indah dengan hutan sekitar dan udara yang sejuk.

Duduk santai sambil menikmati panorama alam sembari menikmati segarnya kelapa muda, pasti akan menjadi momen yang tak terlupakan. Kelelahan akibat perjalanan akan terobati oleh panorama alam yang menakjubkan ini.

Ragam Kegiatan di Air Terjun Leuwi Bumi

Pastinya akan banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi suatu tempat wisata. Ketika Anda berkunjung ke Curug Leuwi Bumi, Anda akan memiliki peluang untuk menikmati berbagai kegiatan seru dan menyenangkan, seperti:

1. Berenang

Menikmati kesegaran air terjun Leuwi Hejo dengan berenang adalah pengalaman yang ditunggu-tunggu oleh banyak pengunjung. Meskipun Anda mahir berenang, tetap bijaksana untuk menggunakan pelampung demi keamanan, karena beberapa kolam memiliki kedalaman hingga 15 meter.

2. Bermain Air

Bermain di air juga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Jika Anda tidak bisa berenang, Anda tetap bisa merasakan kesegaran air dengan merendam kaki di aliran sungai. Rasakan kesegaran air yang ada di air terjun Leuwi Bumi.

3. Melompat dari Ketinggian

Bagi yang suka tantangan, Anda bisa mencoba melompat dari tebing batu di samping kolam. Jika ingin lompatan yang lebih ekstrem, Anda dapat menaiki jembatan bambu yang tinggi dan menegangkan. Anda bisa menguji adrenalin sekaligus olahraga melalui tebing batu yang ada.

4. Outbound

Kegiatan outbound akan menguji fisik dan ketangkasan Anda, serta meningkatkan rasa mandiri. Anda bisa merasakannya di air terjun Leuwi Bumi. Terlebih lagi untuk keperluan berkelompok, outbound di sini sangatlah cocok untuk dimanfaatkan.

Baca Juga:  6 Cara Beli Tiket Pesawat di Tiket.com Terbaru 2024

Anda bisa memainkan jenis permainan outbound apa saja karena area curug ini luas. Curug ini adalah tempat yang sempurna untuk melibatkan diri dalam pengalaman yang mendalam dan penuh makna. Pastikan Anda dan tim bersenang-senang di sini.

5. Menyusuri Sungai

Nikmati kejernihan dan keindahan air sungai Leuwi Bumi dengan menjelajahi aliran sungainya yang panjang. Jernihnya air yang ada di sungai tersebut tentu menyegarkan mata dan bisa Anda susuri.

Anda juga bisa memotret saat sedang berada di sungai dikarenakan tempatnya cukup fotogenik. Selepas itu, Anda bisa membagikan ulang momen liburan Anda di media sosial yang dimiliki. Tentunya akan menyenangkan untuk dijadikan sebuah kenangan yang manis.

6. Spot Foto

Ada banyak spot menarik untuk berfoto di air terjun Leuwi Bumi. Keindahan alam di sekitarnya layak untuk diabadikan. Abadikan momen Anda dengan kamera dan nikmati semua panorama yang ada di lokasi.

Lokasi, Harga Tiket, dan Fasilitas Curug Leuwi Bumi

Sebelum mengunjungi air terjun ini, Anda perlu mengetahui segala sesuatu tentang tempat wisata air terjun Leuwi Bumi ini. Mulai dari informasi lokasi, harga tiket masuk, harga penyewaan tenda dan parkir, hingga pada fasilitasnya.

1. Lokasi

Alamat air terjun Leuwi Bumi terletak di kawasan Gunung Jengjin, Pandeglang. Kampung Turalak, Desa Ramea, Kabupaten Pandeglang, di Banten. Lokasi ini bisa juga Anda temukan dengan mudah melalui Google Maps.

2. Harga Tiket Masuk

Mengenai tiket masuk, Anda hanya perlu membayar sekitar Rp10.000 per orang. Biaya parkir adalah Rp3.000 per unit kendaraan dan biaya sewa ban dan pelampung adalah Rp5.000 per unit. Sangat terjangkau, bukan?

Jika Anda berencana berkemah, biayanya adalah Rp20.000 per orang, sementara untuk sewa tenda adalah Rp50.000 per malam. Air terjun ini buka selama 24 jam dan tiap hari. Namun, disarankan untuk mengunjunginya saat matahari masih bersinar dan menerangi jalan.

Baca Juga:  Curug Batu Gede: Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi 2024

Hal tersebut dikarenakan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di jalan dikarenakan medan yang menanjak. Jadi, berkendara di malam hari lebih membahayakan diri dan alangkah baiknya dilakukan saat matahari masih terlihat saja.

3. Fasilitas

Di air terjun Leuwi Bumi, Anda akan menemukan fasilitas lengkap seperti kamar mandi, warung makan dan minuman, area parkir, serta tempat penyewaan ban dan pelampung. Jika Anda ingin menikmati lebih lama keindahan alam yang alami, di sekitar area ini terdapat penginapan dengan harga terjangkau.

Harganya berkisar Rp75.000 per orang per malam. Suara deburan air dan alam malam akan menemani istirahat Anda di sini. Harga tersebut sebanding dengan semua fasilitas yang ada serta panorama keindahan suasana malam hari yang menawan.

Mulai dari pesona alamnya yang memukau, dan beragam aktivitas menarik yang dapat dinikmati, air terjun Leuwi Bumi adalah destinasi yang tidak boleh dilewatkan. Saat Anda mengeksplorasi keindahan air terjun yang menakjubkan, Anda akan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Jadikan kunjungan Anda ke Curug Leuwi Bumi menjadi salah satu momen yang berharga di dalam kehidupan. Anda bisa berkunjung sendiri maupun membawa teman dan juga keluarga. Hal penting yang perlu diingat adalah selalu berhati-hati di jalan dan di lokasi.

Baca Juga: