Curug Layung Camp Situ Lembang: Harga Tiket, Lokasi

Curug Layung Camp Situ Lembang terletak di Kabupaten Bandung Barat, adalah tujuan ideal untuk dinikmati pada akhir pekan. Baik untuk me time atau bersantai, tempat ini menawarkan pengalaman yang sangat memuaskan.

Keindahan alamnya yang luar biasa dan suasana tenangnya membuatnya menjadi tempat yang sempurna untuk melepaskan penat. Selain menikmati pemandangan, Anda juga bisa merasakan kesegaran dengan berenang di kolam yang terletak di bawah air terjun.

Udara sejuk di sekitar menambah daya tarik liburan di sini, memberikan kenyamanan ekstra saat menikmati segala hal yang ditawarkan oleh Curug Layung. Terletak di lereng Gunung Tangkuban Perahu, Curug Layung Lembang menghadirkan keajaiban air terjun yang memukau.

Daya Tarik Curug Layung Camp Situ Lembang

Curug Layung Camp Situ Lembang

Curug Layung Camp Situ Lembang menghadirkan beragam keindahan yang menjadi daya tariknya tersendiri di mata pengunjung. Beberapa daya tarik yang bisa Anda temukan saat mengunjungi lokasinya adalah sebagai berikut:

1. Keindahan Pemandangan yang Luar Biasa

Curug Layung Lembang, yang terletak pada ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut, berada di bawah perlindungan Perhutani KPH Bandung Utara. Tentunya lokasi curug ini cukup dingin, silakan memakai pakaian yang tebal agar Anda tak kedinginan.

Meskipun ketinggiannya tidak sebanding dengan curug umumnya, Curug Layung Lembang memiliki daya tarik yang istimewa dengan tiga tingkatan airnya yang mengagumkan. Tak hanya itu, air terjun ini ditemani oleh pemandangan alam yang memukau dari Gunung Tangkuban Perahu.

Apa yang bisa Anda lakukan di Curug Layung Lembang? Tentu saja, menikmati keindahan alam yang menakjubkan. Dengan pemandangan hutan pinus yang melimpah di sekitar kaki Gunung Tangkuban Perahu, Anda dapat menjelajahi dua jalur untuk mencapai air terjun.

Baca Juga:  Pesona Nirwana Waterpark & Cottages Resort 2024

2. Hamparan Hutan Pinus Saat Menuju Lokasi Wisata

Jalur pertama melalui pintu gerbang utama menawarkan medan yang lebih mudah dan dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Setelah Anda memasukinya, Anda akan segera menemukan area perkemahan di tengah-tengah hutan pinus yang luas.

Sementara jalur kedua melalui pintu gerbang bawah akan membawa Anda melalui hutan dan beberapa curug, termasuk Curug Tilu. Meskipun medan dan waktu tempuhnya lebih menantang, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Seperti hamparan perkebunan teh hijau yang indah. Namun, ingatlah bahwa jalur trek ini lebih cocok untuk para pengunjung berpengalaman, karena rintangan sepanjang jalur sedikit lebih menantang. Anda diharapkan berhati-hati saat berkendara.

3. Aktivitas Berkemah yang Menyenangkan

Curug Layung Camp juga menawarkan pengalaman berkemah yang menyenangkan bagi para pengunjung. Dengan suasana alam yang tenang dan fasilitas yang memadai. Memandangi gemerlap bintang saat malam hari tentu akan menyejukkan mata.

Anda dapat berkemah di dekat air terjun atau di dalam hutan pinus. Ini adalah cara yang sempurna untuk mendapatkan pengalaman mendekati alam serta menghabiskan waktu berkualitas dengan keluarga atau teman-teman.

Pesona Alam Curug Layung

DI antara banyak pesona alam yang disuguhkan oleh curug ini, terdapat dua daya tarik alam utama yang menakjubkan di sini. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut, mari simak penjelasannya di bawah ini.

1. Keindahan Air Terjun

Salah satu pesona utama di Curug Layung Lembang adalah panorama air terjunnya yang memukau. Setelah Anda menempuh perjalanan sejauh 500 meter hingga 1 kilometer dari pintu masuk, Anda akan mulai menikmati keindahannya.

Sepanjang jalur tersebut, Anda akan disuguhkan dengan berbagai spot foto yang alami dan cantik, mulai dari hutan pinus hingga terowongan yang dibuat dari ranting pohon yang terjalin indah. Anda pasti akan merasa harus mengabadikan momen di sini karena pesona alamnya yang ciamik.

Baca Juga:  Curug Love Nanggung Bogor: Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi

Meskipun Curug Layung tidak memiliki ketinggian yang mencolok, aliran air sungai Cimahi yang sejuk mengalir melalui tiga tingkatan tanah dengan sungai atau leuwi berukuran beragam. Tingkat pertama memiliki telaga sedang, dan di tingkat kedua, Anda akan menemukan telaga yang lebih panjang yang dialiri oleh air sungai yang jernih.

Tingkat ketiga adalah air terjun tertinggi dan terlebar, dengan beberapa aliran air yang deras. Keindahan dari air terjun ketiga ini menyerupai air terjun di Amerika Serikat dan bahkan dijuluki sebagai “Niagara Kecil”. Anda diharapkan berhati-hati karena banyak bebatuan.

2. Pesona Hutan Pinus

Berlokasi di kaki Gunung Tangkuban Perahu, Curug Layung Lembang juga menawarkan keindahan alam hutan pinus. Luasnya area Curug Layung menampilkan pemandangan Gunung Tangkuban Perahu serta pepohonan yang rimbun, tempat Anda bahkan dapat menggantungkan hammock untuk bersantai.

Di tepi hutan pinus, khususnya di dekat jurang dan tebing, Anda akan menemukan beberapa dek pemandangan yang memungkinkan Anda menikmati panorama alam. Pihak pengelola telah menyediakan fasilitas ini untuk kenyamanan dan kepuasan Anda.

Dek-dek ini terbuat dari ranting dan kayu dalam berbagai bentuk, termasuk balkon sederhana, kursi, dan perahu melayang. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengabadikan momen menakjubkan dengan ponsel atau kamera Anda.

3. Tempat Foto yang Ramah Lingkungan

Tidak ingin ketinggalan trend, pengelola destinasi ini juga telah menyediakan spot-spot khusus untuk berfoto selfie atau wefie. Ini tentu sesuai dengan tren terbaru, bukan? Tempat-tempat selfie atau wefie ini terbuat dari sampah botol yang dipoles dengan warna-warni cerah.

Namun, spot ini bukan hanya untuk berfoto saja. Pengelola juga ingin mengingatkan Anda sebagai pengunjung untuk menjaga kebersihan area wisata ini. Salah satu caranya adalah dengan tidak membuang sampah sembarangan, melainkan membuangnya di tempat yang sudah disediakan.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi dua daya tarik alam utama yang menakjubkan ini di Curug Layung. Setiap sudutnya akan membawa Anda lebih dekat dengan keindahan alam yang mengagumkan.

Baca Juga:  Curug Ceret Naringgul: Review Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Curug Layung

Terletak di Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Curug Layung Camp Situ Lembang memiliki lokasi yang cukup dekat dengan Gunung Tangkuban Perahu. Jika Anda merasa bingung dengan letaknya, jalan menuju lokasi dapat Anda akses menggunakan Google Maps untuk memandu.

1. Tarif Masuk Curug Layung Lembang

Untuk masuk ke area wisata ini, biaya tiket adalah sebesar Rp10.000. Namun, jika Anda berencana untuk berkemah atau camping, Anda perlu membayar sekitar Rp15.000 per orang. Selain itu, ada biaya parkir yang harus Anda perhatikan, yakni Rp5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp10.000 untuk kendaraan roda empat.

2. Destinasi Wisata Sekitar Curug Layung Lembang

Karena terletak di daerah kaki Gunung Tangkuban Perahu, ada banyak tempat wisata menarik di sekitarnya. Anda dapat mengunjungi Curug Cimahi, Curug Malela, Taman Kardus Bandung, pemandian air panas Ciater, serta kebun anggrek Orchid Forest Cikole.

Dengan berbagai pilihan destinasi wisata yang menarik di sekitar Curug Layung Lembang, Anda dapat merencanakan liburan yang penuh petualangan dan keindahan alam. Setiap tempat memiliki pesona uniknya sendiri yang pasti akan membuat liburan Anda semakin istimewa.

Curug Layung Camp Situ Lembang menjadi destinasi yang sempurna untuk Anda jelajahi. Jangan ragu untuk menjadwalkan kunjungan ke tempat ini dan nikmati keindahan serta pengalaman yang tak terlupakan.

Baca Juga: