Curug Goa Lumut Endah: Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi

Diantara sejumlah tempat wisata alam yang dimiliki Indonesia, Curug Goa Lumut Endah menjadi salah satu destinasi yang memukau. Curug dengan aliran air yang deras jatuh dari tebing tinggi menciptakan panorama yang memukau.

Tidak heran jika pengunjungnya selalu berdatangan demi menikmati pesona alam yang menyejukkan. Curug ini memang cantik dan eksotis, apalagi banyak daya tarik yang akan membuat Anda betah berkunjung berlama-lama.

Apa Saja Daya Tarik Curug Goa Lumut Endah?

Curug Goa Lumut Endah

Di sekitar curug, hamparan pepohonan hijau terlihat begitu cantik. Suasana menyejukkan dan menenangkan memberikan ruang yang nyaman bagi para pengunjung yang ingin melupakan penat dan lelah. Selain itu, ada beberapa daya tarik lain yang dimiliki oleh curug ini:

1. Goa Misteri

Ada goa di balik air terjun ini. Itulah nama air terjun ini Goa Lumut Endah. Meski goa itu bisa dimasuki oleh manusia, tapi Anda harus berhati-hati karena goa tersebut kerap dikaitkan dengan hal misteri.

Konon, kabar yang beredar, ada rombongan yang mencoba untuk masuk ke goa, tapi mereka tidak pernah keluar lagi hingga saat ini. Goa tersebut berada di tengah lembang yang alami.

Lokasinya memang agak tersembunyi sehingga udara yang ada di sekitar curug lebih lembab dan dingin. Itu juga menjadi penyebab kenapa di curug ini tidak tersedia fasilitas camping atau menginap, karena curug hanya buka sampai sore.

2. Keindahan Air Terjun

Daya tarik selanjutnya adalah adanya air terjun yang indah dengan ketinggian sekitar 4 hingga 5 meter. Memang tidak terlalu tinggi, tapi tetap bisa menarik hati. Airnya juga jernih dan terlihat kebiruan.

Baca Juga:  Curug Love Nanggung Bogor: Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi

Air dari curug tersebut mengalir di antara tebing yang dikelilingi oleh hutan. Lalu di kolam tempat jatuhnya air, ada sebaran batu besar yang berlapis lumut hijau. Itulah yang membuat tampilan dari air terjun ini terlihat begitu eksotis dan cantik. Batuan berselimut lumut hijau yang indah.

3. Fenomena Hujan Gunung Halimun

Pemandangan yang jarang ditemukan dapat ditemui di tempat ini. Saat hujan turun di Gunung Halimun, pengunjung curug akan diminta untuk menjauh dari lokasi ini. Area di sekitar air terjun kemudian akan ditutup untuk alasan keselamatan.

Tak lama kemudian, aliran air di curug akan mengalami peningkatan yang signifikan. Ternyata, Curug Goa Lumut menerima aliran air hujan yang melimpah dari ketinggian.

Bagi mereka yang berada dekat curug, mereka mungkin akan terbawa arus hingga ke dasar lembah. Meskipun terlihat mengintimidasi, fenomena ini memberikan daya tarik tersendiri ketika diamati dari kejauhan.

4. Banyak Pepohonan Rindang

Di sekitar curug banyak terdapat pepohonan rindang yang menyegarkan. Di sekitar curug banyak terdapat pepohonan rindang yang menyegarkan. Suara daun berdesir dan cahaya matahari yang tembus di antara kanopi pepohonan menciptakan suasana alami yang menenangkan.

Sambil berjalan-jalan di sekitar area ini, pengunjung dapat merasakan kesejukan udara yang ditiup angin sejuk, membawa aroma alami dari tanaman dan dedaunan.

Terlebih lagi, bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu dalam kedamaian dan refleksi, area ini memberikan tempat yang sempurna untuk melepaskan diri dari keramaian perkotaan dan meresapi keindahan alam dalam bentuk yang paling asli.

5. Spot Foto yang Cantik

Bagi Anda yang ingin memiliki foto dengan latar belakang alam yang memesona, maka curug ini menjadi pilihan yang tepat. Air terjun yang menjulang tinggi dengan latar pepohonan hijau yang unik menciptakan komposisi visual yang menarik.

Posisi air terjun yang berada di tengah hutan memberikan kontras menakjubkan antara kejernihan air dan warna alam sekitarnya. Terlebih lagi, sinar matahari yang masuk melalui celah pepohonan dapat menciptakan efek pencahayaan yang dramatis pada foto-foto Anda.

Baca Juga:  Curug 7 Bidadari: Review Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi

Dari sudut pandang fotografi, curug ini menyajikan peluang tak terbatas untuk mengabadikan momen indah Anda di tengah alam yang alami dan menakjubkan.

Aktivitas Menyenangkan di Curug

Ketika sampai di Curug Goa Lumut Endah, ada pemandangan manis berupa kolam kecil yang bisa Anda gunakan untuk beraktivitas seru dengan alam. Warna airnya menunjukkan nuansa biru yang menawan di bagian yang lebih dalam.

Anda bisa berenang atau berendam di kolam, tapi jangan melewati batas tali yang terpasang sebagai penanda bagian kolam yang lebih dalam, yaitu yang melebihi lima meter. Jika enggan untuk berenang atau berendam, Anda tetap bisa menikmati aliran sungai yang mengalir di dekatnya.

Arusnya yang cukup deras di sela-sela bebatuan besar yang berlumut menciptakan suasana yang benar-benar menyegarkan. Anda dapat merendam kaki atau bahkan mencuci wajah disana, memberikan sensasi segar yang luar biasa!

Fasilitas Curug Goa Lumut Endah

Ada beberapa fasilitas yang melengkapi curug ini. Beberapa diantaranya adalah:

  • Kamar mandi
  • Toilet
  • Mushola
  • Area parkir
  • Warung makan
  • Kolam

Dengan adanya sejumlah fasilitas tersebut, maka liburan Anda di curug bisa menyenangkan. Anda juga tidak perlu membawa bekal dari rumah, karena sudah ada warung makan.

Lokasi Curug Goa Lumut

Terletak di dalam wilayah Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, air terjun ini terletak di Jalan Raya Pasir Reungit, Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Destinasi wisata ini terhubung dengan Curug Cigamea dan Kafe Kopi Tugoh dalam satu kawasan. Akses menuju curug telah dibuat lebih baik, dengan tangga batu yang memudahkan perjalanan tracking. Jalan menuju curug tidak terlalu sulit.

Anda bisa berjalan kaki ke lokasi antara 10 sampai 15 menit, karena tidak berada terlalu jauh dari jalan raya Gunung Bunder.

Air terjunnya ada di lembah yang berarti Anda harus menuruni anak tangga batu jika ingin mencapainya. Areanya tidak terlalu jauh, yaitu kira-kira 200 meter dari area parkir.

Baca Juga:  Curug Ceret Naringgul: Review Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi

Karena jarak yang relatif singkat, tak mengherankan jika curug ini menjadi favorit bagi wisata keluarga. Terlebih lagi, aksesnya telah disederhanakan dengan adanya tangga batu yang tertata rapi. Selama perjalanan, beragam fasilitas pendukung wisata tersedia di sepanjang jalur ini.

Harga Tiket Masuk Curug Goa Lumut Endah

Curug Goa Lumut beroperasi setiap harinya, menyambut pengunjung dari pagi hingga sore. Namun, perlu diingat bahwa air terjun ini akan ditutup ketika Gunung Salak tengah mengalami hujan. Jadi, Anda bisa berkunjung dari pukul 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Jika ingin berkunjung, ada 2 tarif tiket masuk. Tiket untuk masuk ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), lalu yang kedua tiket untuk area curug yaitu sebesar Rp 10 ribu. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  • Tiket Masuk TNGHS : Rp12.500/orang
  • Tiket Motor : Rp5.000
  • Tiket Mobil : Rp10.000
  • TIket Masuk Curug : Rp10.000/orang

Banyak keindahan yang bisa Anda rasakan dan nikmati saat mengunjungi curug ini. Dari gemuruh air terjun yang menggetarkan hingga aliran air yang menyegarkan di kolamnya, setiap sudut curug memancarkan daya tarik unik.

Bagi Anda yang merasa penat dan ingin semakin dekat dengan alam, maka berkunjung ke curug Goa Lumut Endah ini adalah solusi terbaiknya.

Baca Juga: