Curug Batu Gede: Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi 2024

Nama Puncak Bogor pasti sudah tidak asing di kalangan traveller. Destinasi wisata pegunungan terpopuler di Jawa Barat itu menawarkan banyak tempat menarik sebagai tujuan liburan. Salah satunya adalah Curug Batu Gede yang menghadirkan panorama menawan di atas ketinggian 1000 mdpl.

Menariknya lagi, wisata air terjun tersebut dilengkapi fasilitas camping ground super luas dan penyewaan kabin kekinian. Wah, bagaimana ya rasanya menginap di tengah-tengah alam dan berdekatan dengan lokasi air terjun? Langsung saja simak review selengkapnya berikut ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Destinasi wisata Air Terjun Batu Gede ini terletak di Jalan Tugu Utara, Desa Cisuren. Lokasi tersebut masuk kawasan Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Jaraknya sekitar 43 km dari pusat Kota Bogor atau bisa ditempuh selama 1 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Rutenya juga cukup mudah dilalui. Jika berangkat dari pusat Kota Bogor, ambil arah barat menuju Jalan Ir. H. Juanda dan ke arah Jalan Jalak Harupat. Lewati Jalan Pajajaran, lalu masuk Tol Jagorawi dan keluar ke arah Puncak. Ambil jalan menuju Cisuren hingga sampai di area wisata Air Terjun Batu Gede.

Daya Tarik Curug Batu Gede

Curug Batu Gede

Jumlah destinasi wisata di Puncak Bogor sangatlah banyak dan beragam. Lantas, apa yang istimewa dari kawasan Air Terjun Batu Gede ini? Tentu ada banyak sekali daya tarik istimewa yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Air Terjun yang Segar dan Tidak Curam

Kebanyakan air terjun memiliki debit air yang besar dan dikelilingi tebing-tebing curam, sehingga pengunjung dilarang bermain air di bawahnya. Hal itu berbeda dengan aliran air terjun Batu Gede yang tidak terlalu deras, sehingga pengunjung diperbolehkan bermain air di bawahnya.

Baca Juga:  Pesona Nirwana Waterpark & Cottages Resort 2024

Air terjunnya juga tidak mengalir dari tebing curam, melainkan melewati batu-batuan berundak yang turun ke kolam. Di kolam itulah pengunjung bebas bermain air, seperti berendam dan berenang. Bahkan, pengunjung boleh naik-turun bebatuan berundak dan melihat panorama kolam dari atas.

2. Suasana Hutan yang Asri

Area wisata Batu Gede ini dikelilingi hutan pinus alami yang tumbuh rimbun di atas ketinggian 1.000 mdpl. Suasananya semakin syahdu dengan adanya aliran sungai yang begitu jernih di sekitar hutan. Debit air sungainya lumayan besar, sehingga banyak pengunjung yang biasanya bermain di sana.

Pemandangan hutan alami yang asri seperti ini bisa menjadi tempat healing terbaik untuk menenangkan diri dari segala kesibukan sehari-hari. Ditambah lagi dengan kualitas udara yang segar dan bebas polusi, sehingga baik untuk kesehatan tubuh dan mental.

3. Pemandangan Malam yang Menakjubkan

Curug Batu Gede di malam hari juga punya pemandangan yang tak kalah menarik. Salah satunya yaitu panorama lampu perkotaan yang berkilauan indah dari atas ketinggian. Pengunjung bisa menikmatinya sambil menyalakan api unggun atau sekadar duduk bercengkrama bersama teman seperjalanan.

Saat malam hari juga terdapat instalasi lampu gantung di beberapa sudut, seperti di kabin dan di antara naungan pohon-pohon tinggi. Selain menambah sumber cahaya, hiasan lampu warna-warni tersebut juga bisa menjadi spot foto yang artistik di malam hari.

4. Bisa Camping Atau Menginap di Kabin

Nah, berlibur di kawasan wisata Batu Gede ini memang kurang lengkap kalau tak sekalian menginap dan bermalam di sana. Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi bertualang di alam bebas bisa memilih opsi berkemah di dalam tenda sederhana. Baik itu membawa tenda sendiri atau menyewa.

Sementara jika ingin mendapatkan fasilitas penginapan yang lebih lengkap, pengunjung bisa bermalam di kabin-kabin kekinian yang tersedia. Ada yang dilengkapi kasur futon untuk tidur, kamar mandi dalam, hingga perlengkapan tambahan, seperti karpet dan teko.

Baca Juga:  Curug Tujuh Cibolang: Review Harga Tiket, Fasilitas, Rute

Pilihan Area Camping dan Kabin

Pengelola wisata Curug Batu Gede juga telah menyiapkan beberapa pilihan area camping dan kabin yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut daftar pilihan campsite dan kabin yang bisa dipilih.

1. Pilihan Campsite

  • Bukit Bintang Campsite. Yaitu area perkemahan yang berada di dataran paling tinggi, yaitu terletak di ketinggian 1200 mdpl. Diperlukan hiking sekitar 20 menit untuk sampai ke lokasinya. Area ini dilengkapi fasilitas toilet dan kedai.
  • Bukit Madu Campsite. Terletak di area pertengahan dan mudah dijangkau. Lokasinya dipakai sebagai tempat edukasi budidaya kopi dan madu.
  • Bukit Damar Campsite. Terletak di area pertengahan yang bisa dijangkau hanya dengan jalan kaki sekitar 5 menit dari pintu masuk. Area ini dilengkapi fasilitas toilet dan mushola.

2. Pilihan Kabin

  • Forest Cabin. Kabin berbentuk segitiga yang ada di tengah-tengah hutan. Di dalamnya terdapat 3 kasur yang bisa menampung hingga 8 orang. Dilengkapi fasilitas TV, dispenser, terminal listrik, dan kamar mandi.
  • Triangle Cabin. Kabin berbentuk segitiga dengan ukuran yang lebih kecil. Di dalamnya berisi 2 kasur dan bisa menampung hingga 6 orang. Dilengkapi fasilitas TV, dispenser, terminal listrik, dan kamar mandi.
  • Wood Cabin. Kabin berbentuk rumah kayu yang si dalamnya terdapat 3 kasur. Dilengkapi fasilitas TV, dispenser, terminal listrik, dan kamar mandi.

Fasilitas

Tidak hanya menyediakan area perkemahan dan kabin kekinian yang nyaman sebagai tempat menginap. Pengelola Air Terjun Batu Gede juga menyediakan fasilitas lainnya untuk mendukung aktivitas dan kenyamanan pengunjung, di antaranya:

  • Toilet bagi pengunjung yang ingin buang air kecil dan besar.
  • Kamar mandi khusus pengunjung yang ingin mandi dan membersihkan diri setelah beraktivitas.
  • Mushola sebagai tempat melaksanakan ibadah sholat bagi pengunjung muslim.
  • Tempat parkir motor dan mobil bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi.
  • Warung dan kafe yang menyediakan beragam hidangan makanan dan minuman.
  • Tempat sampah dengan jumlah yang cukup banyak dan tersebar di berbagai area untuk menjaga kebersihan tempat wisata.
  • Dapur umum yang dapat dimanfaatkan pengunjung jika ingin memasak makanan atau minuman sendiri sebagai perlengkapan camping atau piknik.
Baca Juga:  Curug Leuwi Bumi: Harga Tiket, Fasilitas, Lokasi 2024

Harga Tiket Masuk

Curug Batu Gede buka setiap hari Senin-Minggu, mulai pukul 08.00-18.00 WIB. Jika sekadar ingin melihat pemandangan air terjun, maka pengunjung tidak dikenai biaya alias gratis. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir jika membawa kendaraan.

Selain itu, pengunjung perlu membayar harga paket camping dan sewa tenda jika ingin berkemah di sana. Atau jika ingin menikmati fasilitas penginapan di tengah-tengah alam, pengunjung bisa menyewa kabin yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Berikut daftar biaya yang perlu disiapkan:

  • Harga tiket masuk: Rp0 (gratis).
  • Biaya parkir kendaraan: Rp10.000.
  • Harga paket camping: Rp25.000 per malam.
  • Sewa tenda: Rp180.000-250.000 per tenda.
  • Sewa Triangle Cabin: Rp400.000 per kabin.
  • Sewa Wood Cabin: Rp551.000 per kabin
  • Sewa Suite Deluxe Double: Rp551.000 per kabin.

Wah, menarik sekali, ya? Curug Batu Gede bisa menjadi pilihan liburan terbaik untuk menikmati keindahan air terjun sembari berkemah atau menginap di tengah-tengah alam. Jika tertarik menyewa tenda atau kabin, sebaiknya booking online terlebih dahulu ke nomor WhatsApp 0821-2582-4594.

Baca Juga: