12 Cara Reschedule Tiket Pesawat di Traveloka 2024

Jika kamu sudah menerapkan Cara Beli Tiket Garuda di Traveloka Melalui Website dan Aplikasi, tetapi tiba-tiba kamu ingin melakukan Reschedule. Maka kamu bisa membaca artikel kami disini tentang cara reschedule tiket pesawat di Traveloka.

Cara reschedule tiket pesawat di Traveloka yang kami bagikan disini bisa kamu gunakan di semua maskapai penerbangan yang kamu pesan. Jadi sebelum kamu ingin melakukan reschedule tiket pesawat yang dibeli di Traveloka, kamu juga harus mengetahui tentang syarat dan ketentuan, kebijakan serta biaya reschedule.

Jadi berikut ini informasi yang berhubungan dengan cara reschedule tiket pesawat di Traveloka dan informasi lengkap lainnya yang harus kamu ketahui sebelum melakukan reschedule.

Cara Reschedule Tiket Pesawat di Traveloka

Cara Reschedule Tiket Pesawat di Traveloka

Jika kamu ingin menerapkan cara reschedule tiket pesawat di Traveloka, maka kamu silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini yang kami lansir dari laman resmi website Traveloka.

  1. Pertama silahkan kamu masuk ke aplikasi traveloka atau website traveloka, setelah itu kamu ketuk menu Pesanan dan kamu pilih penerbangan yang ingin kamu ubah jadwal penerbangannya.
  2. Selanjutnya silahkan kamu masuk ke menu Atur Pesanan dan kamu silahkan pilih Reschedule.
  3. Berikutnya kamu silahkan ketuk pada bagian Kebijakan untuk membaca secara lengkap dan detail tentang Kebijakan Reschedule dari tiket pesawat yang telah kamu pesan.
  4. Langkah selanjutnya kamu tinggal ketuk pada bagian Ajukan Reschedule.
  5. Lanjut lagi dengan mencetang pada bagian Penerbangan dan Nama Penumpang, lalu kamu lanjut dengan ketuk tombol Lanjutkan.
  6. Tahap selanjutnya kamu silahkan Baca Kebijakan Reschedule dengan menyeluruh, dan kamu silahkan centang pada bagian Saya Menyetujui Kebijakan Reschedule dan klik Lanjutkan. Catatan : Penerbangan lama kamu tidak akan terganti sampai kamu berhasil melakukan pembayaran.
  7. Langkah berikutnya kamu isi Asal, Tujuan, Tanggal Perjalanan dan Kelas Kursi yang ada di kotak pencarian dan kamu klik tombol Cari untuk mencari penerbangan yang kamu inginkan.
  8. Selanjutnya kamu silahkan cek detail penerbangan baru yang inginkan pilih, lalu kamu ketuk tombol Lanjutkan. Dan kamu silahkan cek rincian Harga di Info Harga dan kamu lanjut ketuk tombol Pilih.
  9. Jika harga tiket penerbangan baru lebih mahal dibandingkan penerbangan sebelumnya, maka kamu akan dikenakan selisih harga dari tiket baru.
  10. Jika harga penerbangan baru yang lebih murah dibandingkan penerbangan sebelumnya, maka kelebihannya akan dikembalikan melalui metode pembayaran yang sebelumnya dipilih. Jika sebelumnya kamu melakukan pembayaran menggunakan transfer bank, maka kelebihan pembelian tiket penerbangan baru akan dikirimkan ke rekening bank.
  11. Jika sudah, silahkan kamu ketuk tombol Lanjutkan ke Pembayaran untuk menyelesaikan proses reschedule penerbangan di Traveloka.
  12. Terakhir kamu tinggal cari e-tiket baru pada bagian menu Pesanan, kamu bisa cek e-tiket maksimal 60 menit setelah pembayaran dikonfirmasi Traveloka.
Baca Juga:  Cek Kelebihan Dan Kekurangan Susu Vidoran Xmart 1

Cara Cek Status Reschedule Berhasil

Jika cara reschedule tiket pesawat di Traveloka reschedule berhasil, maka status e-tiket di Traveloka kamu akan berubah, nantinya status e-tiket kamu akan berganti menjadi Reshedule Selesai. Setelah itu pihak Traveloka akan membuatkan e-tiket baru. Dan e-tiket baru tersebut akan dikirimkan ke alamat email yang kamu gunakan saat melakukan pemesanan tiket.

Untuk langkah-langkah cek status reschedule di Traveloka, silahkan simak instruksinya berikut ini :

  1. Langkah pertama silahkan kamu masuk ke akun Traveloka melalui website atau aplikasi Traveloka.
  2. Berikutnya kamu silahkan klik menu Pesanan Saya di menu akun Traveloka kamu miliki.
  3. Selanjutnya kamu tinggal pilih pemesanan yang ingin dicek status Reschedule nya dan kamu klik Detail untuk melihat detail status Reschedule apakah sudah berhasil atau belum.

Jika proses reshedule berhasil, maka status reshedule e-tiket kamu di Traveloka akan bertuliskan Reschedule Completed. Dan seperti yang dijelaskan di atas, setelah proses penggantian jadwal berhasil. Maka kamu akan mendapatkan e-tiket baru yang dikirimkan ke alamat email.

Kebijakan dan Biaya Reschedule Tiket Pesawat di Traveloka

Selain kamu mengetahui cara reschedule tiket pesawat di Traveloka yang telah dijelaskan di atas. Kamu juga harus mengetahui tentang kebijakan dan biaya reschedule tiket pesawat di Traveloka berikut :

  • Ketersediaan reschedule nantinya akan tergantung dengan ketersediaan kursi dari maskapai penerbangan yang kamu pilih.
  • Kamu hanya bisa mengganti tanggal dan waktu penerbangan yang disesuaikan dengan ketersediaan.
  • Penggantian jadwal penerbangan hanya bisa kamu lakukan di beberapa penerbangan domestik saja.
  • Setiap maskapai mempunyai batas waktu reschedule yang berbeda-beda, jadi kamu harus membaca syarat dan ketentuan sebelum kamu memilih maskapai penerbangan saat melakukan pemesanan tiket.
  • Ada biaya reschedule yang ditetapkan oleh maskapai dan ada juga biaya tambahan dari Traveloka. Biaya tambahan per penumpang per rute mulai dari Rp 25 ribu atau SGD 2 / MYR 5 / VND 25,500 / THB 80 / AUD 28/ PHP 60. Untuk rute internasional per penumpang per rute dikenakan mulai Rp 65 ribu atau SGD 6 / MYR 15 / VND 85,000 / THB 150 / AUD 28 atau PHP 180.
Baca Juga:  5 Cara Mengecek Tiket Pesawat yang sudah di Booking

Jadi itulah tadi penjelasan tentang cara reschedule tiket pesawat di Traveloka dan informasi lain seperti kebijakan dan biayanya, semoga membantu. Jika kamu membutuhkan bantuan dala proses reschedule tiket pesawat maka kamu bisa hubungi No Customer Service (CS) Traveloka 24 Jam.

Baca Juga: