7+ Cara Menghindari Jalan Kecil di Google Maps

Para pengguna masih kerap mendapati masalah saat menggunakan Google Maps, salah satunya adalah diarahkan menuju jalan kecil. Tanpa mengetahui cara menghindari jalan kecil di Google Maps, tentu saja hal tersebut sangat mengganggu, terlebih jika menggunakan kendaraan roda empat.

Google memang sudah beberapa kali melakukan perbaikan untuk mengantisipasi hal tersebut seperti memberikan fitur pemilihan kendaraan. Namun, tetap saja masih ada pengguna yang mengalami masalah tersebut. Meski begitu, Anda bisa melakukan cara ini agar hal itu tidak terjadi.

Baca Juga: Cara Serlok Lokasi di WA

Cara Menghindari Jalan Kecil di Google Maps dengan Mudah

Cara menghindari jalan kecil di Google Maps

Untuk menghindari Google Maps yang mengarahkan ke jalan sempit, Anda bisa menggunakan fitur preferensi rute yang telah disediakan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

1. Buka Google Maps

Pertama, silakan buka aplikasi Google Maps yang telah terpasang di perangkat. Pastikan Anda sudah memperbarui ke update terbaru agar semua fitur bisa digunakan dengan maksimal

2. Memilih lokasi tujuan

Seperti penggunaan pada umumnya, pilihlah lokasi yang hendak dituju dengan mengetikkan pada kolom kata kunci atau mengeklik di tempat tersebut. Setelah itu, pilih menu Directions atau Arahkan.

3. Memilih menu Driving

Selanjutnya, pilih menu Driving atau Navigation di bagian atas layar. Untuk pengguna bahasa Indonesia, menu ini bertuliskan Mengemudi atau Navigasi.

Baca Juga:  Layar Sentuh Android Tidak Responsif? Ini 7+ Cara Memperbaikinya

4. Pilih Options

Setelah melakukan langkah di atas, maka Anda akan dibawa ke tampilan layar navigasi. Pilih opsi Options yang berbentuk ikon titik tiga atau gear tergantung tipe ponsel.

5. Memilih Opsi Rute

Jika sudah, silakan pilih Route Options atau Opsi Rute. Apabila tidak ada menu tersebut, Anda bisa mencari opsi Route Preferences atau Preferensi Rute karena setiap ponsel mungkin berbeda-beda.

6. Pilih Avoid Smaller Roads

Ini adalah fitur utama untuk terhindar dari jalan sempit. Silakan pilih menu Avoid Smaller Roads untuk menghindari jalan kecil atau Avoid Residential Roads untuk menghindari area pemukiman.

7. Klik Save

Setelah melakukan pengaturan tersebut, klik Done atau Save untuk menyimpan settingan. Jika semua langkah dilakukan dengan benar, seharusnya Anda tidak akan diarahkan lagi ke jalan sempit.

8. Uji coba

Untuk memastikan apakah fitur sudah aktif, silakan lakukan uji coba dengan menekan tombol Start. Kemudian, perhatikan dan ikuti rekomendasi jalur yang diberikan.

Baca Juga: Fake GPS Mobile Legends

Cara Lain Menghindari Jalan Sempit di Google Maps

Cara Lain Menghindari Jalan Sempit di Google Maps

Selain memanfaatkan fitur Avoid Small Roads, ada beberapa cara lain yang bisa Anda coba. Cara ini bisa berupa pengaturan di Google Maps maupun metode di luar itu.

1. Mengubah Mode Kendaraan

Berhadapan dengan jalan sempit memang menjadi masalah tersendiri ketika menggunakan kendaraan roda empat. Hal tersebut dikarenakan selain Anda tidak bisa lanjut ke depan, untuk putar arah ke belakang juga susah.

Untuk menghindari kasus tersebut, Anda dapat mengubah mode kendaraan saat hendak berangkat. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka Google Maps
  • Tentukan lokasi tujuan
  • Klik Directions
  • Di bagian atas akan muncul ikon bergambar kendaraan
  • Pilih kendaraan yang Anda gunakan apakah mobil, sepeda motor, atau jalan kaki
  • Klik ikon alat tersebut
  • Petunjuk jalan berwarna biru akan muncul sesuai pengaturan
  • Selesai
Baca Juga:  Script Tools Termux My Id Terbaru 2024 Lengkap

2. Meningkatkan Akurasi Lokasi Pengguna

Salah satu faktor yang menyebabkan Anda diarahkan ke gang kecil adalah akurasi lokasi yang kurang baik. Hal tersebut bisa dikarenakan faktor sinyal atau perangkat.

Untuk mengatasi masalah tersebut, silakan buka pengaturan atau setting pada ponsel Anda. Kemudian, pilih lokasi dan tap pada bagian Aktifkan Lokasi. Klik menu Mode dan pilih Akurasi Tinggi.

Cara ini akan membuat akurasi perangkat Anda menjadi lebih baik sehingga akan diberikan rekomendasi jalan dengan lebih baik. Meski begitu, metode tersebut memang tidak selalu berhasil apabila terdapat faktor-faktor lain.

3. Melihat Nama Jalan

Cara menghindari jalan kecil di Google Maps berikutnya adalah dengan melihat nama jalan. Ini merupakan salah satu trik yang mungkin masih belum diketahui oleh banyak orang.

Setelah Anda menentukan lokasi, maka akan muncul rekomendasi rute dengan warna biru. Silakan perhatikan baik-baik dengan cara memperbesar dan melihat nama jalan yang muncul.

Apabila terdapat nama jalan, artinya itu merupakan rute utama dan bisa dilalui dengan lancar. Jika tulisan yang muncul adalah nama gang, berarti jalur tersebut cenderung sempit dan mungkin hanya dapat dilalui dengan jalan kaki atau sepeda motor.

Sementara itu, apabila jalur rute tersebut tidak terdapat nama apapun, biasanya itu merupakan jalan sempit, berbatu, atau belum dibangun dengan baik. Jadi, sebisa mungkin hindari menggunakan jalur tersebut.

4. Mencari Tahu Garis Besar Rute Perjalanan

Terakhir, Anda bisa melihat garis besar rute yang akan dilalui. Cara ini sangat membantu terutama jika Anda masih familiar dengan jalur di sekitar lokasi tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu bergantung pada rekomendasi rute dari Google Maps.

Baca Juga:  HP Xiaomi Berkedip Saat Dicas? Begini Cara Mengatasi

Meski masih banyak orang yang mendapatkan rekomendasi jalur yang tidak baik, bukan tidak mungkin fitur tersebut akan terus mendapatkan perbaikan. Hal ini dikarenakan perkembangan di dunia teknologi masih berjalan dengan pesat.

Namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mempelajari beberapa cara menghindari jalan kecil di Google Maps. Dengan demikian, perjalanan Anda akan lebih lancar dan terhindar dari berbagai masalah.