4+ Cara Meneruskan Pesan Telegram yang Tidak Bisa Diteruskan


GATF2021.com – Sebenarnya cara meneruskan pesan Telegram sangat mudah dilakukan karena sudah terdapat fitur tersebut di dalamnya. Akan tetapi, di beberapa kasus pemilik channel atau grup menonaktifkan fitur teruskan sehingga Anda mungkin tidak bisa melakukannya.

Namun, hal tersebut tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena masih ada beberapa alternatif cara lainnya. Menariknya, Anda tidak membutuhkan tambahan aplikasi atau tools apapun untuk itu. Jadi, jangan khawatir terhadap risiko yang membahayakan perangkat Anda.

Sekilas Tentang Fitur Meneruskan Pesan di Telegram

Tentang fitur teruskan pesan di telegram

Fitur forward atau teruskan pesan hampir selalu ada di berbagai platform chatting seperti WhatsApp contohnya. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mengirimkan pesan di sebuah percakapan ke pengguna lainnya secara utuh tanpa harus menulis ulang.

Bisa dibilang cara kerjanya hampir mirip dengan fitur share, hanya saja yang dibagikan adalah berbentuk chat atau percakapan. Di telegram, fitur ini dapat digunakan dengan mudah, yakni cukup mengetuk dan menahan pesan lalu klik tombol Forward atau Teruskan.

Meski begitu, ternyata tidak semua pesan dapat diteruskan dengan fitur ini. Pemilik channel atau grup Telegram biasanya akan mematikan fitur tersebut dengan tujuan menjaga privasi percakapan di dalamnya atau menghindari kasus plagiarisme.

Baca Juga: WhatsApp Centang Satu tapi Online

Cara Menonaktifkan Fitur Teruskan Pesan

Cara menonaktifkan fitur teruskan di telegram

Sebelum membahas bagaimana cara meneruskan chat yang terkunci, mungkin akan lebih baik jika Anda juga mengetahui cara menonaktifkan fitur tersebut. Informasi ini akan sangat bermanfaat apabila Anda menjadi pemilik grup atau channel Telegram agar percakapan di dalamnya terlindungi.

Selain tidak bisa meneruskan pesan, pengguna juga tidak dapat menyalin teks tersebut. Jadi keamanan percakapan di grup, channel, maupun pesan pribadi akan lebih baik. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan fitur tersebut.

  • Buka Telegram di ponsel Anda
  • Pilih channel, grup, atau percakapan yang akan dikunci
  • Klik nama atau logo grup/channel tersebut untuk masuk ke halaman deskripsi
  • Pilih menu edit dengan ikon pensil
  • Scroll halaman ke bawah
  • Cari menu Tipe Group/Channel
  • Cari halaman Pengaturan Grup atau Channel
  • Aktifkan fitur Batasi Konten yang Disimpan
  • Selesai

Setelah melakukan langkah di atas, maka peserta grup atau channel tidak akan bisa menyalin maupun meneruskan chat di dalamnya. Dengan begitu, Anda selaku admin atau pemilik grup bisa lebih tenang terkait privasi chat tersebut.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Status Online di WA

Cara Meneruskan Pesan Telegram yang Terkunci

Cara meneruskan pesan telegram yang terkunci

Mungkin Anda menemukan sebuah pesan yang bagus di sebuah grup dan ingin menyimpan atau membagikan, namun fitur tersebut tidak dapat digunakan. Jika hal tersebut terjadi, silakan gunakan beberapa alternatif cara berikut ini.

1. Melakukan Tangkap Layar

Sebagai catatan, ketika admin menonaktifkan fasilitas forward dan copy, maka Anda tetap tidak akan bisa menyalinnya. Oleh karena itu, beberapa metode ini hanya menjadi alternatif saja supaya inti pesan tersebut tetap tersimpan.

Pertama adalah dengan melakukan screenshot atau tangkap layar. Dengan melakukan screenshot, maka Anda akan mendapatkan pesan tersebut dan disimpan dalam bentuk gambar. Setelah itu, apabila ingin membagikan ke orang lain, maka bagikan saja gambar tangkap layar tersebut.

Bisa dibilang metode ini adalah yang paling praktis untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan Anda hanya perlu menekan beberapa tombol saja dan seluruh percakapan bisa disimpan dalam bentuk gambar. Hanya saja, mungkin akan sedikit membutuhkan waktu apabila pesan yang ingin diteruskan terlalu banyak.

2. Menulis Ulang

Dibandingkan dengan sebelumnya, cara ini tergolong lebih rumit dan memakan tenaga karena Anda harus menulis ulang pesan tersebut secara manual. Silakan baca pesan yang akan dibagikan, kemudian tulis ulang seperti poin-poin pentingnya saja.

3. Menggunakan Platform PC

Aplikasi chatting ini juga dapat diakses menggunakan PC, baik itu melalui browser maupun software. Ketika membuka melalui PC, mungkin Anda bisa mencari software tertentu untuk menyalin teks secara bebas meskipun dikunci oleh admin.

Hanya saja, cara ini masih belum terbukti berhasil. Silakan cari referensi lainnya terkait software untuk menyalin konten yang terkunci. Jika berhasil menemukannya, cobalah untuk mengaplikasikan ke Telegram PC dan lihat bagaimana hasilnya.

4. Meminta Izin Kepada Admin

Cara terakhir yang dapat dilakukan adalah meminta izin kepada admin grup atau channel dengan pesan yang akan diteruskan. Jika memang tujuan Anda baik dan tidak melanggar hak cipta, misalnya sekadar untuk menyimpan sebagai referensi, tidak ada salahnya cara ini dilakukan.

Silakan hubungi pemilik pesan tersebut secara pribadi. Kemudian, sampaikan maksud Anda dengan baik seperti merasa tulisan tersebut bermanfaat dan ingin menyimpannya atau membagikan ke orang lain. Biasanya admin tersebut akan dengan senang hati apabila Anda meminta izin seperti itu.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa cara meneruskan pesan Telegram yang dikunci masih belum ada. Hanya saja, Anda masih bisa menggunakan alternatif cara lainnya untuk mendapatkan konten tersebut.

Terlepas dari hal tersebut, pesan yang terkunci tujuannya adalah menjaga privasi dan keamanan dari tindak kejahatan seperti pembajakan. Jadi, Anda juga harus menghargai orang yang mengaktifkan fitur tersebut.

Bagikan Artikel:
error: