Begini Cara Install TWRP Xiaomi via ADB Fastboot

Cara install TWRP Xiaomi via ADB fastboot saat ini banyak dicari oleh pemilik hp merek Xiaomi agar mereka bisa melakukan Custom Recovery. Melakukan custom recovery di hp Xiaomi ini sering dilakukan agar hp xiaomi bisa di instal apk tertentu dan juga ketika pengguna ingin menghapus aplikasi bawaan hp yang tidak bisa dihapus melalui menu pengaturan.

Jadi untuk kamu yang ingin melakukan custom recovery hp xiaomi, kamu bisa memilih menerapkan cara install TWRP Xiaomi via ADB Fastbook yang akan kami bagikan dibawah ini. Karena TWRP ini sudah sering dilakukan tes dan uji coba diinstal, jadi kamu tidak perlu khawatir saat mencoba menggunakannya.

Apa Yang Dimaksud TWRP?

TWRP (Team Win Recovery Project) adalah sebuah open source yang digunakan untuk melakukan custom recovery beberapa perangkat android. Team Win Recovery Project ini dibuat oleh team developer yang berpengalaman dalam custom software Android.

Sehingga saat menginstal TWRP, pengguna bisa melakukan custom recovery hp android untuk melakukan rooting, install fllashable zip, instal custom ROM, Install custom kernel, Install magisk, dan instal custom software lainnya.

Jadi adanya TWRP Xiaomi ini, tentunya akan sangat bermanfaat untuk pengguna hp xiaomi yang suka hpnya dioprek atau dicustom sesuai dengan keinginan.

Baca juga : 15+ Solusi Ampuh Cara Mengatasi Masalah WiFi di HP Android

Keunggulan Menggunakan TWRP

Saat ini ketika kita ingin melakukan custom recovery hp Xiaomi, pastinya kita akan menemukan banyak custom recovery seperti CWM, OFRP, PBRP, SHRP, RWRP, dan termasuk TWRP. JIka dulu sempat terkenal CWM Custom Recovery, tetapi sekarang banyak pengguna lebih memilih TWRP untuk custom recovery karena memiliki banyak keunggulan, seperti :

Baca Juga:  Cara Menggunakan Kuota Lokal Tri (3) yang Tidak Bisa Terpakai

Banyak Tutorial Membahas TWRP Untuk Custom Recovery

Ketika kamu memilih custom recovery menggunakan TWRP, kamu tidak akan bingung untuk menemukan tutorial cara install TWRP Xiaomi, cara rooting, cara install dolby dan tutorial penggunaan TWRP lainnya.

Sehingga ketika kamu ingin menggunakan TWRP dan ingin mendapatkan panduan lengkap penggunaannya, sudah banyak panduan penggunaan  TWRP yang ada di internet. Termasuk di bawah ini kami juga akan membahas cara install TWRP Xiaomi via ADB Fastboot.

Lebih Stabil Digunakan Di Banyak Perangkat

TWRP juga diklaim oleh para penggunannya menjadi custom recovery yang paling stabil digunakan saat ini. Walaupun di beberapa perangkat masih terdapat bug, tetapi bug ini bisa diatasi dengan mudah.

Proses Rooting Lebih Mudah

Keunggulan menggunakan TWRP lainnya adalah proses rooting bisa dilakukan dengan mudah. Kamu bisa melakukan root dengan cara flash supersu.zip atau menggunakan flash magisk menggunakan TWRP.

Mendukung File Manager

Ketika menggunakan TWRP, kamu sudah mendapatkan fitur file manager, sehingga ketika melakukan update data seperti rename, copy paste, delete dan lainnya jauh lebih mudah. Baik melakukan update data di penyimpanan internal maupun eksternal melalui file manager TWRP.

Baca juga : Layar Sentuh Android Tidak Responsif? Ini 7+ Cara Memperbaikinya

Cara Install TWRP Xiaomi via ADB Fastboot

Setelah kamu mengetahui tentang keunggulan menggunakan TWRP, pastinya kamu tertarik untuk menggunakan custom recovery satu ini. Karena itu, di bawah ini kami akan menjelaskan secara detail tentang syarat dan cara install TWRP Xiaomi via ADB fastboot.

Syarat Install TWRP

Berikut ini adalah syarat instal TWRP yang harus kamu ketahui sebelum masuk ke proses cara install twrp xiaomi :

  • Pastikan hp xiaomi kamu sudah di unlock bootloadernya
  • Menggunakan PC/Laptop Windows 10
  • Driver HP Xiaomi diinstal di PC/Laptop
  • Install Adb Fastboot di PC/laptop
  • File TWRP sesuai model atau tipe HP Xiaomi yang kamu gunakan, untuk mendapatkannya kamu bisa download melalui situs official TWRP : https://twrp.me/Devices/ atau di forum oprek hp android
  • Menyediakan 2 file TWRP, satu di folder adb fastboot di laptop, satu lagi di penyimpanan hp Xiaomi
Baca Juga:  15+ Solusi Ampuh Cara Mengatasi Masalah WiFi di HP Android

Cara Install TWRP Xiaomi

Setelah kamu memenuhi syarat install TWRP Xiaomi di atas, langkah selanjutnya kamu bisa menerapkan cara install TWRP Xiaomi berikut :

1.   Pertama kamu buka aplikasi ADB Fastboot yang terinstal di PC/laptop.

2.   Selanjutnya aktifkan USB Debugging di HP Xiaomi.

3.   Kemudian hubungkan hp Xiaomi ke komputer/laptop menggunakan kabel data.

4.   Setelah itu, di aplikasi adb fastboot, kamu ketik Adb Devices, lalu ketika muncul notifikasi di HP kamu pilih OK/Ya.

5.   Jika sudah terhubung, maka lanjutkan dengan mengetikan perintah : adb reboot bootloader.

6.   Setelah perintah dibuat, maka hp Xiaomi kamu akan otomatis reboot ke dalam mode Fastboot (Muncul logo Android).

7.   Selanjutnya ketikan perintah : Fastboot Device.

8.   Setelah terhubung dengan benar, ketikan perintah : Fastboot Boot Recovery namafiletwrp.img.

9.   Tahap ini akan membuat hp Xiaomi kamu melakukan reboot mode TWRP.

Sampai di tahap ini, TWRP belum terinstal sepenuhnya, langkah diatas adalah langkah membuat hotboot. Untuk melanjutkan proses instal twrp, maka kamu lanjutkan langkah berikut :

1.   Di menu TWRP kamu silahkan pilah Install.

2.   Selanjutnya, kamu cari dan install file TWRP yang telah kamu siapkan.

3.   Jika TWRP berhasil terinstal, lalu kamu silahkan pilih Reboot, pilih Reboot Recovery.

Jika setelah menerapkan langkah diatas belum berhasil, maka kamu harus masuk ke TWRP lagi, karena TWRP Xiaomi belum terinstal dan kamu harus mengulangi langkah diatas.

Atau kamu juga bisa melakukan install TWRP langsung dari adb fastboot tanpa membuat hotboot. Cara melakukan install twrp langsung dari adb fastboot tanpa hotboot adalah sebagai berikut :

Baca Juga:  4+ Cara Membuat Link WhatsApp Menuju Chat Langsung tanpa Ribet

Pada langkah ke 8 di atas, kamu ketikan perintah : fastboot flash recovery namafiletwrp.img.

Setelah itu, hp Xiaomi kamu akan melakukan reboot ke mode TWRP dan TWRP akan terinstal secara permanen di HP Xiaomi.

Kesimpulan

Jadi itulah tadi beberapa informasi tentang keunggulan dan cara install TWRP Xiaomi via ADB Fastboot yang bisa kamu coba. Semoga dengan adanya panduan ini bisa mempermudah kamu melakukan custom recovery hp Xiaomi menggunakan TWRP.