6 Cara Check in Hotel dan Panduan Reservasi 2024

Hotel selalu menjadi tempat singgah yang paling nyaman bagi para pelancong ataupun turis. Alasannya karena menawarkan fasilitas lengkap dengan pelayanan yang memuaskan. Namun bagi pemula tentu masih belum paham bagaimana cara check in hotel yang benar.

Check in bisa dilakukan dengan mengunjungi hotel yang dipilih sebagai tempat untuk menginap. Jangan lupa untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, Paspor, ataupun identitas lainnya untuk konfirmasi identitas pemesan.

Cara Memesan Kamar Hotel Sebelum Check In

Panduan Cara Check in Hotel

Sebelum membahas bagaimana cara check in hotel yang benar, tentunya harus melakukan pemesanan kamar hotel terlebih dahulu. Jika masih belum paham sama sekali maka bisa simak tahapannya di bawah ini:

1. Pemilihan Hotel Sebagai Tempat Menginap

Langkah pertama kali yang perlu dilakukan sebelum menginap dengan pasangan atau sendiri yaitu menentukan yang tepat. Saat memilih, pertimbangkan beberapa hal seperti fasilitas, pelayanan, lokasi, dan budget yang dimiliki.

Selain itu, ulasan yang sudah pernah diberikan oleh tamu yang pernah berkunjung juga tak kalah penting. Jika misalnya banyak yang memberikan ulasan buruk maka jangan ragu untuk memilih hotel lainnya.

Penelusuran ini bisa dilakukan menggunakan berbagai situs web ataupun platform untuk pemesanan online. Pastinya sangat berguna untuk mendapatkan hotel dengan fasilitas lengkap dan pelayanan terbaik.

2. Memesan Kamar

Jika sudah memilih hotel yang tepat, Anda bisa langsung memesan kamar yang masih tersedia. Pemesanan kamar bisa dilakukan melalui situs resmi hotel ataupun aplikasi seperti Traveloka, Agoda, dan lainnya.

Namun jangan lupa untuk menentukan tanggal check in, tipe kamar, jumlah tamu, dan check out. Periksa ketersediaan kamar beserta harga yang mungkin sudah sesuai dengan budget. Anda juga bisa melakukan perbandingan harga di beberapa aplikasi booking hotel untuk mendapatkan harga murah.

Baca Juga:  Great Western Resort Hotel: Review Harga, Fasilitas 2024

3. Mengisi Data dan Melakukan Pembayaran

Tahapan berikutnya yang perlu dilakukan setelah memilih kamar yaitu mengisi informasi pribadi. Pastikan bahwa data diri yang dimasukkan sudah sesuai dengan yang tercantum di KTP.

Periksa juga terkait kebijakan pembatalan karena bisa saja rencana Anda nantinya bisa berubah. Setelah itu, maka bisa langsung melakukan pembayaran langsung di situs atau aplikasi tersebut.

Hal ini sangat wajar karena kebanyakan hotel memiliki kebijakan untuk pembayaran penuh di muka. Namun ada pula hotel tertentu yang meminta kartu kredit untuk dijadikan sebagai jaminan.

4. Konfirmasi Reservasi

Apabila proses pembayaran sudah selesai dilakukan, Anda akan mendapatkan email konfirmasi. Email tersebut berisi terkait rincian reservasi hotel nomor pemesanan, dan instruksi lanjutan.

Bukti reservasi tersebut tentunya harus disimpan dengan baik sampai melakukan proses check ini. Jika sampai hilang maka dipastikan gagal check ini atau bahkan diminta untuk membayar ulang.

Cara Check in Hotel yang Sudah Direservasi Sebelumnya

Setelah melakukan pemesanan kamar, maka bisa langsung check in secara langsung. Check in bisa dilakukan dengan menuju lobi hotel untuk menemui resepsionis yang sedang bertugas. Untuk langkah-langkahnya yang bisa diikuti oleh pemula adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan Kartu Identitas

Setiap tamu yang ingin melakukan check ini maka diharuskan untuk menyiapkan identitas berupa KTP yang masih berlaku. Informasi penting yang diperiksa yaitu nama, alamat, dan foto tamu.

Namun bisa juga tanpa KTP dengan membawa kartu identitas lain seperti paspor, SIM, KITAS dan lainnya. Jika data di kartu identitas tidak sesuai dengan data saat melakukan pemesanan kamar maka check in tidak akan bisa diproses.

2. Menemui Resepsionis

Memulai proses check ini bisa dilakukan dengan masuk ke lobi hotel untuk menemui resepsionis. Anda akan disambut dengan baik oleh petugas resepsionis yang sudah pasti ramah.

Baca Juga:  Hotel Sadewa Magelang: Review Harga, Fasilitas, Lokasi

Berikan bukti reservasi lengkap beserta kartu identitas yang sudah disiapkan sebelumnya. Petugas akan langsung memeriksa data sekaligus memverifikasi reservasi secara lebih lanjut. Jika misalnya ada pembayaran yang masih sisa atau deposit, tentu harus dibayarkan pada saat itu juga.

3. Pemberian Jaminan

Sudah disebutkan bahwa sebagian hotel ada yang meminta jaminan tambahan kepada tamu yang ingin menginap. Jaminan tambahan yang diminta bisa berupa deposit tunai ataupun kartu kredit yang masih aktif.

Jaminan tersebut berguna sebagai antisipasi dari adanya pengeluaran tambahan ataupun kerusakan. Jika Anda melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit, pahami mengenai jumlah jaminan yang bisa diblokir.

4. Penjelasan terkait Fasilitas dan Pelayanan Hotel

Pada cara check in hotel berikutnya, resepsionis akan memberikan beberapa informasi penting. Informasi tersebut seperti layanan kamar, jam makan, fasilitas penunjang, dan tempat menarik yang ada di sekeliling hotel.

Jika Anda memiliki sejumlah pertanyaan ataupun membutuhkan bantuan maka jangan sungkan untuk bertanya. Hal ini merupakan kesempatan terbaik untuk memaksimalkan pengalaman menginap Anda di hotel.

5. Ketahui Kebijakan Check Out Hotel

Meskipun masih dalam proses check in, tak ada salahnya jika Anda menggali info terkait kebijakan check out. Kebijakan yang dimaksud seperti prosedur yang ada, jam berapa harus check out, dan lain sebagainya.

Tujuannya untuk menghindari keterlambatan ketika keluar meninggalkan kamar hotel. Hal ini sangat penting karena jika sampai terlambat melakukan check out maka akan dikenakan biaya tambahan.

6. Menikmati Waktu Menginap di Hotel

Jika cara check ini hotel sudah dilakukan, tiba waktunya untuk menikmati segala fasilitas yang sudah disediakan. Fasilitas tersebut bisa berupa kamar yang nyaman, restoran, pusat kebugaran, spa, dan masih banyak lagi.

Untuk yang masih belum puas dengan fasilitas yang sudah disiapkan maka bisa mencoba berwisata. Anda bisa bertanya kepada petugas mengenai destinasi menarik yang ada di sekitar hotel.

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Ketika Menginap di Hotel

Hotel terdekat memang menjadi tempat penginapan sementara yang sangat menyenangkan sekaligus mengasyikkan. Namun ada beberapa hal yang harus diketahui supaya pengalaman menginap Anda menjadi nyaman.

Baca Juga:  8 Villa Murah di Anyer Banten: Harga, Fasilitas, Lokasi

Adapun untuk berbagai hal penting yang dimaksud adalah seperti berikut ini:

  • Saat pertama kali masuk ke dalam kamar, periksa kelayakan dan kebersihannya. Apabila ada masalah atau dalam kondisi yang kurang baik maka bisa langsung dilaporkan ke petugas.
  • Lakukan pengecekan pada fasilitas yang ada dalam kamar mulai dari lampu, AC, kunci pintu, dan lainnya.
  • Manfaatkan fasilitas brankas untuk menyimpan barang penting seperti perhiasan, paspor, dan uang tunai.
  • Apabila tersedia sarapan, Anda harus mengetahui informasi lebih jelas terkait jam dan tempatnya. Hal ini tentunya sangat penting supaya tidak melewatkan sarapan pagi di hotel sebelum beraktivitas.
  • Perhatikan mengenai aturan minibar beserta biayanya jika berniat untuk menggunakannya.
  • Ketahui juga mengenai jalur evakuasi ataupun lokasi yang sudah menjadi tanda-tanda darurat.
  • Jika waktu menginap sudah habis maka periksa kamar sebelum melakukan check out. Jangan sampai meninggalkan barang-barang pribadi karena bisa jadi kamar tersebut akan langsung digunakan tamu lain.

Cara check in hotel pada dasarnya bisa dilakukan secara mudah dengan menemui petugas resepsionis. Penting diingat, setiap hotel bisa saja memiliki kebijakan ataupun prosedur yang berbeda. Jangan lupa untuk memperhatikan waktu check out agar terhindar dari charge tambahan.

Baca Juga: