Apa itu PNR dalam Tiket Pesawat? Simak Disini 2024

Apa itu PNR dalam tiket pesawat menjadi banyak pertanyaan para penumpang Pesawat saat mendapatkan tiket. Lalu apa itu PNR dan apa manfaat PNR dalam penerbangan? Semua jawaban atas pertanyaan ini akan kami jelaskan secara ringkas dan detail di bawah ini.

Apa itu PNR Dalam Tiket Pesawat ?

Jika kamu membutuhkan jawaban atas pertanyaan apa itu PNR dalam tiket pesawat ada beberapa pengertian yang bisa kami jelaskan disini.

PNR adalah sigkatan dari Passenger Name Record yang merupakan sebuah kumpulan kode yang berisi informasi dari penumpang pesawat, jadwal penerbangan, nomor tiket, time limit, dan nomor local contact.

Passenger Name Record atau PNR juga bisa diartikan sebagai rencana perjalanan yang dicatat dalam sistem resevasi maskapai untuk disimpan dalam database yang disebut sebagai kode bookong. PNR adalah pencatatan informasi penumpang yang dimasukan ke dalam database sistem reservasi maskapai penerbangan.

Menurut Balitbangham.go.id, PNR adalah informasi yang didapatkan dari penumpang dan dikumpulkan oleh maskapai penerbangan untuk memungkinkan reservasi dan pelaksanaan selama proses chek in di bandara.

Data PNR sangat penting untuk petugas imigratasi yang melakukan pengawasan terhadap lalu lintas orang dan tambahan data setiap penumpang. Terutama untuk warga negara asing yang masuk ke Indonesia, ataupun warga negara Indonesia yang keluar dari Indonesia ke luar negeri.

Kode PNR akan dibuat secara acak yang didalamnya terdapat kode khusus yang membedakan penumpang satu dengan lainnya. Terutama ketika ada penumpang yang memiliki nama yang sama dari nama depan atau nama belakangnya.

Baca Juga:  Cara Dapat Tiket Pesawat Promo di Traveloka 2024

Baca juga : Promo! Harga Tiket Pesawat Jakarta Bali PP Murah 2023

Seberapa Penting PNR dalam Penerbangan?

Dalam penjelasan apa itu PNR di atas dijelaskan bahwa kode PNR merupakan urutan kode acak yang di dalamnya terdapat kode khusus yang akan membedakan penumpan satu dengan lainnya. Terutama ketika ada nama penumpang baik nama depan dan nama belakang yang sama persis dengan penumpang lainnya.

Sehingga kode PNR ini sangat penting untuk pelacakan kode reservasi penumpang. Dan penumpang tidak diperbolehkan membuang boarding pass di tempat sampah. Hal ini dikarenakan jika diambil oleh seseorang, maka informasi penumpang bisa disalahgunakan oleh orang yang menemukannya.

Baca juga : Kapan Harga Tiket Pesawat Turun? Simak Penjelasannya

Bahaya Membagikan Kode PNR ke Media Sosial

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kamu tidak boleh membuang Boarding Pass ke tempat sampah. Apalagi di jaman serba media sosial seperti sekarang ini. Banyak orang yang akan melakukan liburan biasanya akan memotret boarding pass mereka dan membagikannya ke media sosial.

Padahal membagikan kode boarding pass ke media sosial bisa membahayakan data pribadi kamu ketika dilihat oleh orang yang tidak bertanggung jawab di dunia maya.

Mungkin bagi orang awam membagikan foto boarding pass adalah hal yang umum. Karena mereka ingin diakui di media sosial bahwa saat musim liburan mereka ingin liburan ke luar kota atau luar negeri. Tetapi hal ini benar-benar sangat membahayakan data pribadi.

Bahayanya disini karena dalam kode PNR biasanya terdapat nomor kartu loyalty atau frequent flyer. Dengan memiliki nomor atau nama pemegang kartu, maka seseorang bisa melakukan login ke profil pribadi kamu di website maskapai penerbangan langganan kamu. Dan mereka juga bisa melakukan checkin online.

Baca Juga:  Inilah Item Build Novaria Tersakit 2024 ala RRQ Lemon

Selain itu dengan mengetahui Passenger Name Record atau PNR, orang lain bisa mengetahui data rute perjalanan kamu selama berpergian. Selain itu, didalam kode PNR tersebut juga terdapat kode yang berisi data nama penumpang, data kontak pemesan, nomor tiket dan informasi tentang flight segment.

Dalam kode PNR juga bisa tercantum informasi pembayaran ketika menggunakan kartu kredit. Maka nomor kartu kredit akan tercantum pada kode PNR tersebut. Dan di dalam kode PNR terdapat juga informasi nomor hp penumpang, tanggal lahir, dan data pasport. Sehingga jika data-data pribadi tersebut bocor maka akan membahayakan bukan?

Baca juga : Mengapa Harga Tiket Pesawat Mahal & Harga Naik?

Tindak Kejahatan Yang Bisa Dialami Ketika Membagikan Boarding Pass atau Kode PNR

Tidak kejahatan yang bisa terjadi ketika kamu membagikan Boarding Pass atau kode PNR adalah :

  • Membuat pelaku tindak kejahatan mengetahui kapan rumah kamu kosong dan melakukan tindakan pencurian barang berharga atau kendaraan di rumah kamu. Karena mereka mengetahui kapan kamu pergi dan kapan kamu kembali.
  • Orang lain bisa mengacak nomor kursi penerbangan, membatalkan tiket penerbangan, dan mengubah tanggal penerbangan.
  • Seseorang bisa melakukan login ke website maskapai penerbangan menggunakan akun kamu.
  • Orang lain bisa mengetahui nomor hp kamu dan mengancam kamu. Dan paling membahayakan adalah orang lain menduplikasi SIM nomor hp kamu untuk melakukan tindak kejahatan.

Kesimpulan

Apa itu PNR? Jawabannya adalah kumpulan kode yang berisi informasi dari penumpang pesawat. Baik dari jadwal penerbangan, nomor tiket pesawat, time limit, dan nomor contact serta informasi lainnya. Sehingga kode PNR ini adalah kode rahasia penumpang maskapai penerbangan. Jadi kamu tidak boleh secara sengaja dan bebas membagikannya ke media sosial atau membuang boarding pass di tempat sampah. Karena dengan kode PNR yang sembarang dibagikan bisa membahayakan data pribadi kamu seperti yang telah kami jelaskan di atas.

Baca Juga:  Apa itu Abodemen Listrik? Cara Menghitung Biaya Watt

Baca Juga: